Perubahan Struktur OPD Berdampak Pada Anggaran Belanja Daerah 2020

Perubahan Struktur OPD Berdampak Pada Anggaran Belanja Daerah 2020

Seputarbabel.com, Pangkalpinang – Perubahan peraturan daerah (perda) Pembentukan Struktur Kepengurusan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Maka akan berimbas pada anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2020. Serapan anggaran belanja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), akan berpengaruh.

Sehingga DPRD Babel mengingatkan pengesahan Raperda Struktur OPD juga harus dibarengi pengusulan anggaran perubahan. Ketua Pansus perubahan Perda pembentukan Struktur Kepengurusan OPD, Algafry Rahman mengatakan, Selasa (12/11/2019) siang. Ia juga mengingatkan agar segera mengusul perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Babel. “Karena perubahan RPJMD akan berimplikasi pada perangkat daerah karena mereka yang menjalankan,” katanya.

Dari pembahasan Pansus tadi dengan mitra kerja sudah dapat dipastikan, akan ada penggabungan dan pemisahan OPD. Dengan begitu dipastikan ketua fraksi Golkar ini, akan berdampak pada penggunaan anggaran belanja pada APBD 2020, karena lebih dulu disahkan. “Dengan begitu kita minta eksekutif segera dalam mengusulkan anggaran perubahan, agar tidak berdampak pada permasalahan hukum, karena memang OPD terbentuk setelah APBD 2020 disahkan,” pinta pria yang akrab disapa Ayi ini.

Memang semangat perubahan pembentukan struktur OPD, salah satunya adalah efisiensi agar kinerja meningkat. Tetapi Pansus melihat perlu ada penambangan bagi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), agar membentuk setingkat unit pelaksana tugas (UPT) di pulau Belitung. “Ada pemisahan dan penggabungan, kita juga meminta agar dibentuk setingkat UPT untuk Satpol PP Babel di Belitung,” tambah Ayi.

Ia menilai perlu melihat dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) agar dapat mengetahui program – program dari APBD 2020. Menurutnya DPA menjadi penting agar tidak penganggaran tumpang tindih. Karena pengesahan raperda akan ada pembentukan OPD dan penggabungan satuan kerja. “Saya sudah dua kali minta DPA agar dapat melihat program mana tumpang tindih,” keluh Ayi.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan