Ketua DPRD Babel Ingatkan Anggota Pansus Untuk Tidak ‘Bolos’ Dalam Pembahasan

Ketua DPRD Babel Ingatkan Anggota Pansus Untuk Tidak ‘Bolos’ Dalam Pembahasan

Seputarbabel.com, Pangkalpinang – Setelah dibentuk Panitia Khusus (Pansus) terhadap 4 rancangan peraturan daerah (Raperda). 4 pansus memulai kerja perdananya dengan memanggil mitra untuk membahas Raperda. Dari 4 Pansus ternyata kedatangan para anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) hanya 60 persen ditiap Pansus.

Ini membuat Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya turun langsung meninjau absensi anggota di tiap Pansus. Pansus pertama di cek adalah, Pansus Pengolahan Zakat, kemudian Pansus Payanan Kesehatan, Pansus Perubahan Perda Pembentukan Struktur Organisasi Perangkat (PSOK) Daerah, terakhir Pansus sistem jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan. “Dari meninjau 4 Pansus kehadiran di tiap pansus rata – rata diatas 60 persen,” ujarnya.

Karena anggota pansus merupakan anggota DPRD Babel minus pimpinan DPRD sehingga totalnya 41 orang. Dengan begitu tiap Pansus beranggotakan rata – rata 10 anggota. Dipastikan ditiap Pansus dalam pembahasa dengan mitra ini kehadiri anggotanya tidak ada yang lengkap. “Paling banyak kehadir Pansus SPOK, lalu Pengolahan Zakat, paling sedikit yang hadir Pansus Pelayanan Kesehatan,” terang Didit.

Dijelaskan Didit jika absensi Fraksi Nasdem memang mereka izin, mengingat ada agenda Partai di Jakarta. Sementara anggota lainya tanpa keterangan, khusus untuk Fraksi PDI Perjuangan ia akan memberi atensi agar diberikan sangsi. “Kalau dari Fraksi PDI Perjuangan saya akan berikan sangsi, lebih baik tidak usah diberikan lagi tugas di Pansus buat mereka yang bolos,” tegas ketua DPD PDI Perjuangan ini.

Kemudian Didit juga mewacanakan agar Badan Kehormatan (BK) mengusulkan aturan internal DPRD Babel. Buat mereka para anggota DPRD yang bolos dipembahasan Pansus, tidak usah diberikan izin kunjungan ke luar daerah. “Kita akan minta itu (saksi) agar BK mengusulkan hal tersebut (tidak diberikan izin dinas luar). Namun saya akan surati fraksi untuk menindak tegas kecuali fraksi Nasdem mereka semua menghadiri kongres,” tambahnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan