KABAR UTAMA

Dewan Minta Polisi Usut Tuntas Laporan Satpol PP Provinsi

Seputarbabel.com, Pangkalpinang – Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Amri Cahyadi. Meminta kepolisian, mengusut tuntas laporan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi. Pasca terjadinya pengerusakan dan penganiayaan, yang diduga dilakukan oleh penambang ilegal di Sijuk, Belitung.

Menurut Amri polisi harus mengusut tuntas, hingga mendapati para pelaku dugaan pengerusakan dan penganiayaan. Karena laporan polisi telah dibuat oleh anggota Satpol PP dan Kasat Pol PP Yamowa’a Harefa, baik di Polsek maupun di Polres Belitung. “Kita minta (polisi) tidak tutup mata dengan tindak pidana yang terjadi, walau pun sudah ada perdamaian bukan berarti kasusnya tidak diproses,” katanya.

Apalagi terkait pernyataan tidak adanya koordinasi terkait penertiban tambang ilegal di Sijuk. Karena menurutnya terkait penertiban tambang ilegal, Sat Pol PP memiliki kewenangan dalam hal penegakan Peraturan Daerah (Perda). “Agar tidak menjadi preseden buruk, aparat hukum harus bertindak tegas. Jangan sampai nanti penambang ilegal lainnya akan menjadikan pembenaran perbuatan tersebut di penertiban lainnya,” harap Amri.

Bagi Amri dirinya perlu menyoroti penegakan hukum terhadap tindakan kriminal para penambang tadi. Karena apabila tidak ada tindakan hukum bagi pelaku pengerusakan dan penganiayaan. Penegakan perda terkait pertambangan yang akan dilakukan Satpol PP ke depan akan menjadi rawan. “Ini penegak hukum sedang diuji, jangan sampai hanya karena tidak koordinasi. Jadi terkesan dibiarkan tindakan kriminal tadi, jadi harus diusut tuntas,” ungkapnya.

Seperti diketahui, akibat dari aksi pengerusakan dan penganiayaan, saat Satpol PP menertibkan penambang di Sijuk. Kasat Pol PP Yamowa’a Harefa telah melaporkan pengerusakan belasan kendaraan, salah satunya mobil dinas Wakil Gubernur Abdul Fatah. 15 orang anggota Satpol PP juga melapor ke polisi, 5 orang melapor di Polsek Sijuk dan 10 orang di Polres Belitung. Laporan dibuat Senin (4/11/2019) lalu, dengan waktu kejadian Sabtu (2/11/2019).

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker