KABAR UTAMA

Tambang Besar Batu Besi Salah Satu Pilot Projects Open Pit

Seputarbabel.com, Belitung Timur – Salah satu pilot project open pit PT Timah di Desa Mengkubang, Kecamatan Damar. Kawasan Tambang Besar Batu Besi (TB2B) dengan luas lahan lebih dari 600 hektar ini diketahui masih memiliki potensi timah yang sangat besar.

Kepala Unit Pertambangan Timah Primer (UPTP) Belitung, Danang Anggoro mengatakan sebelum kembali dieksplorasi, Open Pit Batu Besi adalah lahan bekas tambang berupa gundukan tanah dan kolong. Lewat pola open pit, pihaknya mulai melakukan penataan kembali agar lahan yang masih menyimpan potensi timah dan besi ini bisa kembali ditambang.

Danang mengakui, memang tidak mudah untuk mengelola kembali lahan bekas tambang tersebut. Setelah beres dengan urusan “merapikan” gundukan tanah dan kolong penuh air, pihaknya kemudian melanjutkan pembangunan infrastruktur mulai kantor, jalur kendaraan hingga infrastruktur penunjang lainnya.

Selanjutnya, UPTP Belitung ditunggu dengan proses selanjutnya yakni proses penambangan. Manajemen pengelolaan air, menurut Danang menjadi suatu yang sangat penting dalam pola penambangan open pit tersebut. Setelah mendapatkan material target, para pekerja juga harus dihadapkan dengan tugas memisahkan kandungan besi dan timah yang melekat.

“Tantangannya adalah material yang ada sekitar 60 persen besi dan sisanya timah, makanya untuk pemisahan antara timah dan besi harus dilakukan secara ekstra lewat pola-pola yang ada. Setelah material batu besi dan timah diangkut ke stockpilling barulah kemudian dilakukan processing ore (pengolahan biji) hingga timah dan besi terpisah,” jelas Danang saat menerima kunjungan sejumlah pimpinan redaksi media massa se-Bangka Belitung akhir pekan lalu.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker