Arcandra Tahar Khatib Jumat Masjid Kantor Pusat PT Timah

Arcandra Tahar Khatib Jumat Masjid Kantor Pusat PT Timah

Seputarbabel.com, Pangkalpinang – Wakil Menteri (Wamen) Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar Jumat (4/10/2019) berdiri di mimbar masjid Al Yusro. Ia sebagai khatib menyampaikan khutbah Jum’at di masjid yang berada di kantor pusat PT Timah Tbk tersebut. Dalam wasiatnya ia mengingatkan bahwa pentingnya saling mengingatkan dalam kebaikan.

Arcandra Usai Menjadi Khatib di Masjid Al Yusro

Arcandra mengingatkan pentingnya saling mengingatkan dalam kebenaran dan kesabaran, mengutip isi ayat terakhir surat Al Ashr. Karena di dalam Al ‘Ashr: 1-3, Allah bersumpah demi waktu, sesungguhnya manusia dalam kerugian. Kecuali mereka yang mengerjakan amal beriman dan mengerjakan amal saleh. Dan mereka yang saling menasehati (mengingatkan) dalam kebaikan dan saling mengingatkan dalam kebenaran.

Menurut Arcandra saling mengingatkan dalam kebenaran bukan saling mengingatkan dalam kemungkaran. Allah juga memberikan panduan dalam rangka menyampaikan pendapat. Menurut doa nabi Musa AS pada surat Taha 25 – 28, “robbi sohri sodri waya sirli amri wahlul udatal milisani yafkohu kaouli.” Dimana itu adalah doa Musa AS ketika diminta untuk mengingatkan Firaun sebagai penguasa zalim.

“Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku,” arti surat Taha 25 – 28. Dijelaskan Arcandra adalah tahapan yang harus dilakukan umat Islam dalam rangka saling mengingatkan untuk kebenaran.

Pertama adalah dengan melapangkan dada, agar tidak ada fitnah dan amarah di dalam hati saat saling mengingatkan. Kedua berdoa agar diberikan kemudahan dalam urusan tersebut, ketiga lepaskan kekakuan dalam perkataan saat menyampaikan masukan. Kemudian terakhir agar kalimat yang diselimuti dengan kebaikan ini dapat dimengerti. “Maksut dan tujuan dapat dipahami sehingga tersampaikan,” sambung Arcandra.

Dari pantauan media ini, ketika memasuki masjid Al Yusro Arcandra didampingi Direktur Utama PT Timah Tbk Mochtar Riza Pahlevi Tabrani. Juga ikut mendampingi Direktur Operasional dan Produksi Alwin Albar dan Direktur SDM M Rizki. Usai sholat Jumat Arcandra bersama Direksi PT Timah makan siang di Griya Timah.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan