Paripurna Terakhir Pengesahan Raperda Periode Ini, Empat Perda Langsung Disahkan

Paripurna Terakhir Pengesahan Raperda Periode Ini, Empat Perda Langsung Disahkan

Seputarbabel.com, Pangkalpinang – Paripurna terakhir periode 2014 – 2019 DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), telah dilaksanakan. 4 rancangan peraturan daerah (Raperda) disahkan dengan total anggota dewan hadir 33 anggota dewan. Paripurna ini terakhir untuk pengesahan Raperda, dimana besok akan dilaksanakan paripurna istimewah terakhir. Pengambilan sumpah jabatan akan menjadi paripurna istimewa terakhir periode ini.

Empat Raperda yang disahkan menjadi peraturan daerah, telah memenuhi kuorum dari 42 orang anggota dewan yang seharusnya hadir. “Maka dengan itu paripurna saya nyatakan kuorum terbuka dan dibuka untuk umum,” kata Ketua DPRD Didit Srigusjaya selaku pimpinan sidang Paripurna Senin (23/9/2019) siang ini.

Raperda APBD 2020, Raperda ketahanan keluarga, Raperda Rencana Umum Energi Daerah dan Raperda Pelabuhan Perikanan. Sedang dua Raperda yakni Raperda tentang penyiaran televisi dengan kabel dikembalikan, sedang perda Zonasi masih dalam tahapan konsultasi. “Raperda Rencana Zonasi dan Wilayah Pesisir dan Pulau – Pulau Kecil (RZWP3K) akan dibahas di priode selanjutnya,” terang Didit dalam

Amanat Demokrat menjadi pandangan akhir fraksi pertama dalam paripurna ini. Memang pada pandangan akhir fraksi – fraksi, tidak bisa melakukan penolakan. Melainkan hanya melakukan pandangan dengan catatan – catatan bagi eksekutif sebelum disahkan. “Kita sepakati pandangan akhir fraksi ini satu fraksi 5 menit ya,” tanya Didit disambut setuju pada anggota dewan.

Pendapat akhir fraksi ke dua dilakukan oleh Ferdiansyah dari fraksi Gerindra. Dalam menutup pandangan akhir fraksi meminta maaf bila selama 5 tahun ini adalah kekurangan dalam menyampaikan aspirasi. Kepada dewan terpilih dirinya berharap dapat lebih aspiratif. Sedang kepada dewan yang tidak terpilih dia berharap agar silaturahim tetap terjaga. “Your are the best friend,” ujarnya.

Sebelumnya dalam penyampaian rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020. Anggaran pendapatan Rp 2,332 triliun. Dengan dana perimbangan Rp 1, 275 triliun dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp 840,307 miliar.

Gubernur Babel Erzaldi Rosman mengatakan PAD Babel 2020 diasumsikan naik Rp 50, 167 miliar, dibandingkan PAD 2019, Rp 790,193 miliar. Ini disampaikan dalam rapat paripurna Jumat (23/8/2019) pagi, saat mengajukan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS).

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan