Rangkaian Program Natak Kampung Gubernur, Panen Cabe

Rangkaian Program Natak Kampung Gubernur, Panen Cabe

Seputarbabel.com, Bangka – Rangkaian kegiatan Natak Kampung Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), di Desa Labuh Air Pandan, Kecamatan Mendot Barat. Gubernur Babel Erzaldi Rosman, menyempatkan mengunjungi perkebunan cabe sekaligus melakukan panen cabe di kebun milik petani Desa Labuh Air Pandan.

Menurut Gubernur lahan pertanian dengan luas 0,4 hektar akan ditanami sebanyak 4000 rumpun cabe kecil. Dengan sistem tumpang sari di lahan perkebunan sawit, membuktikan bahwa perkebunan sawit dapat ditanami cabe yang siklus panennya lebih cepat. “Para petani cabe ini dibina oleh para PPL,” kata Erzaldi.

Ia pun berharap masyarakat Babel dapat mengikuti apa yang telah dilakukan masyarakat Desa Labuh Air Pandan. Dengan didampingi oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) baik dari Kabupaten dan Provinsi. Para petani dapat memanfaatkan sistem tumpang sari dengan menanam cabe. “Hasil panennya cabenya banyak dan bagus,” puji Erzaldi.

Kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tiga Serangkai, dimana telah menghasilkan pupuk organik cair hayati. Dengan nama Bala Panggul dimana telah memiliki izin dari LIPI. Terkait upaya Gapoktan Tiga Serangkai ini Erzaldi menyampaikan apresiasi, karena telah berupaya melakukan pengembangan teknologi agar hasil panennya meningkat.

Kegiatan panen cabe kali ini memang rangkaian dari beberapa kegiatan Natak Kampung Gubernur. Hadir juga kepala Pertanian Babel Juaidi, Kepala Dinas Kehutanan Marwan, Kepala Pertanian Kabupaten Bangka Kemas. Selain masyarakat juga terlihat pengurus Gapoktan Tiga Serangkai dan sejumlah Mahasiswa KKN STIH Pertiba.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan