Gubernur Turun Langsung Atasi Kekeringan Areal Persawahan

Gubernur Turun Langsung Atasi Kekeringan Areal Persawahan

Seputarbabel.com, Bangka Selatan – Kekeringan di areal persawahan Desa Rias, Toboali menjadi perhatian serius Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Gubernur Babel Erzaldi Rosman langsung turun dan berdialog dengan masyarakat petani Desa Rias. Ini dilakukan dalam Gerakan Penanggulangan Kekeringan di areal persawahan Desa Rias. Dialog dilanjutkan dengan peninjauan irigasi, karena mengalami kekeringan.

Dihadapan para Petani Desa Rias, Gubernur mengatakan memecahkan persoalan kekeringan, telah dilakukan berbagai upaya. Melihat secara langsung sumber utama air baku dan sistem jaringan irigasi menjadi agenda penanggulangan. Pembangunan proyek infrastruktur ini secara teknis dikerjakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII.

Diharapkan Gubernur, dengan adanya normalisasi dan perbaikan sistem irigasi dapat mengairi seluruh persawahan walau musim kemarau. Ia meminta agar dilakukan gotong royong membersihkan aliran irigasi dan menjaga infrastruktur yang telah dibangun. Petani Desa Rias juga diminta meningkatkan produktifitas dengan menanam padi 3 kali dalam setahun.

Gubernur optimis setelah permasalahan ini dapat ditangani dan produktifitas petani meningkat, Babel akan mencapai Swasembada Pangan. Kepala Dinas Pertanian Babel Juaidi, sebelumnya menjelaskan Desa Rias dari luas tanam 1337 hektar, lahan yang terkena kekeringan adalah 541,36 hektar dan saat ini yang mengalami Gagal Panen adalah 111,5 hektar.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan