Wagub Babel Dampingi Komisi V DPR Tinjau Kondisi Pelabuhan

Wagub Babel Dampingi Komisi V DPR Tinjau Kondisi Pelabuhan

Seputarbabel.com, Pangkalpinang – Komisi V DPR dengan Ketua pimpinan Fary Djemy Francis datangi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Selain akan mengunjungi Jembatan Emas, Komisi V datangi Pelabuhan Pangkalbalam didampingi Wakil Gubernur, Abdul Fatah. Tujuan melihat Infrastruktur penyelenggaraan Transportasi Kapal Laut di Pangkalpinang, dilakukan Jumat (30/8/2019) sore.

Fary Djemy Francis mengatakan, kunjungan ke Pangkalbalam ini sebagai tindak lanjut kunjungan DPR RI. Setelah pertemuan dengan Pemprov Babel, membahas 3 hal, berkaitan dengan Jembatan Trans Babel yang sudah menjadi usulan Pemprov Babel dan Pengembangan Bandara Depati Amir Pangkalpinang.

Selain itu masukan berkaitan dengan permintaan daerah ini, menghidupkan kembali Kapal Roro dan Kapal Penumpang jalur laut. Karena sebagai alternatif transportasi jurusan Jakarta – Pangkalpinang, karena harga tiket pesawat yang naik. “Kapal bersandar masuk melalui ruas arus sungai, terkendala dengan kedangkalan di posisi 5 meter, perlu pengerukan,”  kata Fary.

Surat permintaan dari Pelindo, kepada Dirjen Perhubungan Laut agar dapat dikerjaan pengerukan sehingga ruang gerak kapal masuk lebih cepat. Arus masuk kapal menjadi lambat 10 – 13 jam karena kedangkalan. “Ini yang akan kita bahas dengan Dinas Perhubungan agar dapat dianggarkan,” tambah Fary.

Menurut Wagub, kunjungan anggota DPR ini memang untuk mengetahui langsung, kondisi Pelabuhan Pangkalbalam. “Memang sebaiknya Pelabuhan Pangkalbalam harus berhadapan langsung dengan laut. Untuk pengembangan itu, akan dibuat dermaga di baturusa yang saat ini sudah dilakukan kajian melalui APBD,” ungkap Fatah.

Sebelum melakukan kunjungan ke Pelabupahan Pangkalbalam, Wagub Abdul Fatah didampingi Kepala Dinas Perhubungan Babel, Tajuddin dan Kepala Dinas PUPR Noviar. Memang melakukan berdiskusi dengan Rombongan Komisi V DPR RI di Ruang Pasir Padi Lantai Kantor Gubernur Babel. Wagub kepada rombongan Komisi V dalam diskusi, juga dihadiri jajaran Kementerian Perhubungan.

Kepala Dinas Perhubungan Babel, Tajuddin juga menyampaikan permintaan kepada Komisi V, bahwa Babel butuh penambahan Pelabuhan. Begitu pula dengan Kapal Roro, kata dia, mudah-mudahan ada penambahan. Kepala Dinas PUPR Babel Noviar, kepada Komisi V DPR RI juga mengharapkan adanya tambahan alokasi anggaran untuk jalan di Babel.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan