Hasil Tindak Lanjut Kerja Sama BUMN Indonesia Dengan Laos, PT Timah Kelola Pertambangan

Hasil Tindak Lanjut Kerja Sama BUMN Indonesia Dengan Laos, PT Timah Kelola Pertambangan

Seputarbabel.com, Pangkalpinang – Delegasi Pemerintah Laos di Jakarta diterima Menteri BUMN Rini Soemarno, Rabu (28/8/2019) lalu terkait tindak lanjut kerja sama kedua negara. Sebagai perusahaan kelas dunia, PT Timah Tbk menjadi salah satu BUMN yang akan menggarap potensi di sektor pertambangan. Kedatangan delegasi tadi menjadi tindak lanjut kerja sama yang telah dibangun, terkait beberapa sektor.

Menteri Untuk Kantor Perdana Menteri Laos, Alounkeo Kittikhoun dan Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Transportasi Laos, Viengsavath Siphandone. Kedua petinggi negara Laos tadi juga telah datang meninjau beberapa lokasi BUMN yang akan menjadi mitra bisnis negara tersebut.

Kunjungan ini sebagai tindaklanjut dari pertemuannya dengan Perdana Menteri Republik Demokratik Rakyat Laos Thongloun Sisoulith. Sejak dilakukan MoU, Juni lalu sejumlah BUMN sepakat melakukan kerja sama. Antara lain PT Timah, akan menggarap potensi tambang di Laos. “Kami sepakat untuk meningkatkan hubungan kerja sama bisnis antara Indonesia dan Laos,” kata Rini.

Bidang perkebunan PT Perkebunan Nusantara bersama PT Pupuk Indonesia. menjalin kerja sama dengan Phaiboun Trading Import dan Export. Terkait transportasi PT Inka juga menjalin kerja sama pembangunan Kereta Api Indonesia, sepanjang 195 kilometer di Laos hingga kawasan pelabuhan Vietnam. “Kami ke sana belum lama ini melihat potensi kerja sama yang bisa ditingkatkan,” ungkap Rini.

PT Bukit Asam dan Petrotrade juga melakukan kerja sama terkait perdagangan batubara. “4 proyek akan menjadi fokus kita bersama. Saya pikir kerja sama ini sangat bagus dan harus direalisasikan. Saya berharap Indonesia dan Laos akan menjadi rekan kerja dalam perdagangan di dunia internasional,” jelas Rini.

Diketahui kedua menteri delegasi Laos tadi, memastikan mereka telah mengunjungi sejumlah pabrik dan site milik BUMN. Seperti PT Petrokimia Gresik, PTPN di Mojokerto, PT INKA di Madiun, PT Timah Tbk di Pangkalpinang dan PT Bukit Asam di Lampung. Menurut Alounkeo, pabrik – pabrik milik BUMN sudah menggunakan teknologi tinggi. Sehingga dia yakin empat proyek yang akan dikerjakan memiliki kualitas sangat baik.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan