KABAR UTAMA

Kemerdekaan Hari Ini

17 Agustus 2019, 74 tahun sudah bangsa Indonesia mengisi kemerdekaan. Kaum milenia saat ini sebagai generasi ke tiga bangsa sedang mengisi kemerdekaan. Segenap darah, jiwa dan raga tanpa air mata dikorbankan seluruh bangsa merebut kemerdekaan. Kita sedang isi dengan apa kemerdekaan hari ini?,

Farizandy, Manajer Editor Seputarbabel(dot)com

Sebagai wartawan lokal sejak 2003 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), bukan berarti tidak kurang pengalaman. Begitu juga jika melihat faktor usia, 38 tahun bukan membuat saya banyak wawasan. Kini kalimat mengisi kemerdekaan sejak subuh 17 Agustus 2019 menjadi pikiran saya.

Saya pun coba menjadikan pertanyaan tadi, penyemangat untuk kembali ke dunia maya. Melihat aktivitas di sosial media, berita – berita diberbagai laman media nasional ternama. Tidak jarang menerjemah berita dan literatur berbahasa asing. Walau pun aktifitas tersebut baru saya lakukan sore ini.

Menggogling kata atau kalimat juga sering saya lakukan, bila perlu wawasan soal sebuah isu baru. Beberapa kegiatan diatas ditambah mengetik kata yang saya baru dengar dengan tambahan kata “adalah” juga menjadi bagian dari kerja saya 5 tahun terakhir. “Setidaknya itu kemudahan, karena dengan cepat mendapat arti tanpa harus membuka kamus”.

Bangsa kita punya budaya, bangsa kita punya sumber daya, tidak sedikit anak bangsa menjadi orang ternama mendunia. Alfan Wahyu Ilham Rabbani, lulusan SMK ini 3 tahun lalu diminta untuk menjadi CEO perusahaan nasional Cover Super. Dengan hutang Rp 3 miliar, perusahaan itu kini telah ‘sehat’, ia pun bergabung dengan perusahaan internasional.

Mengutip berita dari laman republika online, 16 Agustus 2019 pukul 07:59 WIB. Kini umurnya 22 tahun, Alfan memimpin perusahaan Internasional, Cyronium dan akan mengangkat 400 pelaku usaha mikro dan kecil. Ia pun bercita-cita mengangkat 400 usaha kecil dan menengah (UMKM) agar usahanya meningkat.

Cyronium adalah perusahaan bergerak bidang investasi, memadukan teknologi blockchain dan precious metal (logam mulia). Agar masyakarat bisa memiliki jaminan fisik ketika berinvestasi di cryptocurrency. Alasannya jika dari 400 UMKM menyerap 10 karyawan baru maka akan menyerap 4.000 tenaga kerja.

Hari ini Yazed pemuda Palestina melukis di atas pasir pantai Gaza, tepat hari ini saat kita memperingati kemerdekaan. Sarjana muda yang kini menganggur karena blokade Gaza oleh Yahudi membuat tidak tersedia lapangan pekerjaan. Memberikan kado sebuah lukisan di atas pasir, diwarnai dengan pilok.

Ini diposting akun facebook Abdillah Onim, aktivis perjuangan kemerdekaan Palestian. Tulisan teratas kalimat “Indonesia” berwarna merah dan “Raya” berwarna putih, dengan garis bawah berwarna merah putih. Tulisan Palestina Merdeka dengan warna putih dan merah dengan garis bendera Palestina. “Dirgahayu RI ke 74, Merdeka!,” tutup Yazed.

Pengangguran memang menjadi tantangan kita bersama, belum lagi masalah bangsa dan negeri ini. Daerah kita pastinya punya masalah, seperti halnya kemiskinan atau pemiskinan, sama – sama memiskinkan. Hari ini sebagai generasi pelurus kita pun tidak harus menjadi generasi penerus. Merdeka!!!

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker