https://seputarbabel.com/wp-content/uploads/2023/11/IMG-20231120-WA0032.jpg

Negara Kuat! Kenalkan Siswa Keragaman Budaya Indonesia

Seputarbabel.com, Pangkalpinang – Keberagaman budaya, adat dan bahasa menjadi bagian dari kekayaan bangsa Indonesia. Bingkai kebhinekaan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), menjadikan bangsa kita negara kuat. Program BUMN untuk Negeri, Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 akan kenalkan keragaman Budaya Indondesia.

Direktur Utama PT Timah Tbk, Mochtar Riza Pahlevi Tabrani usai pembukaan SMN 2019, Kamis (15/8/2019) pagi di Graha Timah kantor pusat PT Timah Tbk. Mengatakan keberagaman Indonesia, harus dirawat menjadi modal bangsa. “Karena kita perlu tahu Indonesia dengan dirawat keberagamannya ini, kita menjadi negara yang kuat,” ungkapnya.

Peserta SMN 2019 adalah pelajar dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). PT Timah Tbk jadi penanggung jawab kegiatan SMN di Babel dibantu PT Surveyor Indonesia (SI) dan Kantor Berita Negara (KBN) Antara. PT Aneka Tambang (Antam) merupakan penanggung jawab di Sultra dibantu Asuransi Jasindo dan Indofarma.

Setiap tahun acara ini selalu bergantian di dua Provinsi dengan penanggung jawab, anggota forum BUMN secara bergantian. Mereka bisa melihat keragaman budaya, bahasa dan adat, sehingga tidak hanya kaya sumber daya alam juga kaya keberagaman budaya. “Kita berusaha menjaga keberagaman ini sebagai aset bangsa,” sambung Riza.

Manager Community development PT Antam, Berry Parinussa mewakili penanggung jawab dalam sambutan. Menjelaskan jadwal kegiatan SMN di Babel hingga 19 Agustus berada di Bangka. Sampai 23 Agustus pelajar Sultra itu berada di Belitung, 24 Agustus kembali ke Sultra. Dari PT Timah direktur SDM Muhammad Rizki dan Direktur Pengembangan Usaha, Trenggono Sutioso dan Direktur SDM M Rizki.

Dijelaskan Berry penutupan SMN 2019, di Kendari, Sultra akan dihadiri peserta dan penanggung jawab kegiatan. Rombongan SMN dari Babel dilepas dan bertolak siang tadi ke Makasar dengan pesawat udara. Baru selanjutnya menuju Sultra hingg 25 Agustus mendatang. “Bentuk bakti masing – masing BUMN di tempat kami beroperasi,” tambah Riza.

Pejabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi, Yulizar Adnan dalam sambutan, meminta karakter anak Indonesia berbudaya dapat tercermin dari peserta SMN 2019. Hadir Walkota Pangkalpinang, Maulan Aklil dari PTSI, Direktur Keuangan Perencanaan Strategis PTSI Rosmanidar Zulkifli dan Kepala KBN Antara Babel Irwan Arpa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *