KABAR UTAMA

Gubernur Dengar Kesiapan Pelantikan LAM Babel

Seputarbabel.com, Pangkalpinang – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) telah memiliki Lembaga Adat Melayu (LAM), dengan Ketua terpilih Bustami Rachman. Gubenur Babel Erzaldi Rosman, Juumat (2/8/2019) menerima LAM Babel, di ruang kerjanya. Dalam kesempatan itu dipaparkan juga persiapan pelantikan dan pengukuhan LAM Babel.

Ketua LAM Babel Bustami Rachman menerangkan, rangkain kegiatan yang akan dilakukan saat pelantikan dan pengukuhan nanti. Acara tersebut akan menjadi rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Provinsi, November 2019 di Alun – alun Taman Merdeka. Ikut hadir Kepala Bidang Pengembangan Kebudayaan dan Pariwisata Babel, Zuardi.

Dijelaskan Bustami kegiatan tersebut akan diwarnai dengan nuansa budaya Melayu Babel. Pengukuhan akan dilakukan oleh Gubernur Babel, dengan pakaian adat dan tata cara pelantikan dengan nuansa adat melayu Babel. “Pertemuan kita ini terkait proses Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus LAM Babel. Ada banyak persiapan yang harus kami lakukan,” terangnya.

Mantan Rektor Universitas Bangka Belitung (UBB) ini menjelaskan, keberadaan LAM di Babel dapat mencari dan menumbuhkan ciri dan perilaku budaya melayu Babel. “Kita berharap LAM dapat membangkitkan kembali kebudayaan yang tertanam. Niai-nilai kebudayaan Melayu Babel ini memiliki identitasnya sendiri” ungkap Bustami.

Sementara Gubernur Babel, Erzaldi Rosman meminta agar kegiatan pelantikan dan pengukuhan LAM Babel dipersiapkan dengan matang. Pertemuan antara pemuka adat dari seluruh Desa di Babel disarankan Erzaldi perlu dilakukan. “Pemuka adat dari desa dan dari kampung diseluruh Babel ini, turut dilibatkan. Pertemuan antara pemuka adat ini saya rasa perlu dilakukan,” pintanya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker