KABAR UTAMA

Bangka Utara Bukan Dihambat!?

Seputarbabel.com, Bangka – Persiapan Pemekaran (PP) Kabupaten Kepulauan Bangka Utara (KKBU) dipastikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka tidak akan dipersulit. Bahkan mereka terus berusaha menyiapkan infrastruktur, agar memenuhi syarat usulan daerah otonomi baru. Forum Komunikasi Daerah (Forkoda) PP KKBU, meminta Bupati Bangka Mulkan menerbitkan surat persetujuan.

Menjawab pertanyaan terkait permintaan Forkoda PP KKBU tadi, Bupati Bangka Mulkan memastikan akan menyiapkan dan tidak akan menghambat. “Jadi kita sampai hari ini tidak ada alasan dari pemerintah daerah untuk menolak. Apa pun yang dibutuhkan kawan – kawan Bangka Utara akan kami siapkan,” jawabnya.

Menurut Bupati, Pemkab Bangka justru mendukung pemekaran Bangka Utara, sebagai bukti telah mendorong pemekaran Kelurahan – Kelurahan di Belinyu dan Riau Silip. “Tidak ada alasan kami menolak itu, bahkan kita telah mengajukan perda pemekaran Kelurahan yang oleh dewan sedang dikonsultasikan,” terang Mulkan.

Ketua Forum PP KKBU Heri Kailani mengatakan jika Raperda Pemekaran, memang telah didorong untuk memekarkan Belinyu dan Riau Silip. Untuk kelengkapan surat persetujuan dari Bupati, seperti naskah akademik dan lampiran Forkoda PP KKBU, dapat menjadi kajian daerah. “Rekomendasi atau momerandum DPRD Provinsi, diperlukan. Surat persetujuan dari Bupati,’ ungkapnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangka Akhmad Mukhsin, untuk memenuhi aturan daerah otonomi baru (DOM) Kepulauan Bangka Utara perlu waktu. Naskah akademik dan lampiran yang mereka minta menjadi kajian daerah juga perlu dibahas dulu. “Kalau soal waktu ya secepatnya, tidak ada kata kita tidak mendukung,” sambungnya.

Dalam memenuhi aturan pembentukan DOM Bangka Utara perlu ada kelengkapan administrasi. Sehingga ada tahapan dan kajian yang harus dilewati sebelum surat persetujuan Bupati Bangka dikeluarkan. “Lambat itu bukan berarti memperlambat, perlu ada proses waktu, kelengkapan administrasi. Seperti naskah akademik itu tidak bisa copas (copy paste) juga,” jelas Mukhsin.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker