KABAR UTAMA

PT Timah Akan Terapkan Teknologi Baru Smelternya

Seputarbabel.com, Pangkalpinang – Rekondisi serta replacement peralatan produksi dilakukan PT Timah dengan menyerap belanja modal tahun 2019. Unit Metalurgi (Unmet) Muntok akan meningkatkan teknologi smelter, guna memaksimalkan produksi. Penggunaan anggaran belanja tadi berasal dari obligasi dan sukuk ijarah, Rp 1,3 triliun.

Direktur Operasional PT Timah Tbk Alwin Albar usai Asosiasi Eksportir Timah Indonesia (AETI) menggelar, Join Workshop on Resposible Tin Production, Kamis (25/7/2019) lalu. Belanja modal untuk keperluan rekondisi dan replacement peralatan produksi, salah satunya untuk smelter di Unmet Muntok. “Teknologinya sudah tua, kami akan perbarui,” katanya di Swiss Belhotel.

Dengan teknologi peleburan tersebut selain meningkat produksi juga lebih ekonomis. PT Timah juga ingin memaksimalkan teknologi ausmelt, dengan total 40.000 ton produksi setahun. Saat ini terdapat 6 tanur di smelter Unmet Muntok, dengan produksi 5.500 hingga 6.000 ton per tahun tiap tanur.  “Jadi (tujuannya) lebih ekonomis” ujar Alwin.

PT Timah juga menerapkan teknologi baru agar dapat memproses bijih timah kadar rendah. Selama ini perusahaan pelat merah ini hanya optimal untuk memproses bijih timah dengan kadar Sn minimal 70%. Tender pembangunan konstruksi smelter tersebut, diikuti PT Wijaya Karya Tbk, PT Adhi Karya Tbk dan PT Hutama Karya. “Produksi kami sebenarnya sudah maksimal,” sambung Alwin.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker