KABAR UTAMA

Upaya Percepat Pembangunan Jembatan Sumsel – Babel

Seputarbabel.com, Pangkalpinang – Rencana pembangunan jembatan penghubung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dan Sumatera Selatan (Sumsel) terus diupayakan. Kepala daerah kedua wilayah tadi, ingin mengusulkan proyek pembangunan jembatan Bangka – Sumatera sebagai Proyek Strategis Nasional atau PSN.

Gubernur Babel Erzaldi Rosman

Keinginan itu disampaikan langsung kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat, Basuki Hadimuljono, Kamis (18/7/2019) di Jakarta. Hadir dalam pertemuan, Gubernur Babel Erzaldi Rosman dan Gubernur Sumsel Herman Deru, bersama Bupati Bangka Selatan Justiar Noer dan Bupati OKI Iskandar.

“Dalam pertemuan ini kami dan Gubernur Sumsel mengajukan proyek pembangunan jembatan Bangka – Sumatera sebagai Proyek Strategis Nasional atau PSN. Menteri PUPR juga tadi telah memberikan arahan agar kami segera membuat dan mengirim surat kepada presiden,” papar Erzaldi.

Jembatan penghubung ini, di Babel akan berada di wilayah Sebagian, Kabupaten Bangka Selatan. Sedang di Sumsel, jembatan akan berada di wilayah Kabupaten OKI. Sehingga selain Gubernur, pertemuan tadi juga dihadiri para Bupati kedua Kabupaten. “Jembatan ini sangat diperlukan oleh masyarakat, beberapa komoditi khusus di Babel yang tak dimiliki Sumsel, akan lebih cepat termanfaatkan,” terang Erzaldi.

Dijelaskan Erzaldi agar dapat menjadi proyek strategis nasional, mereka diminta untuk melayangkan surat resmi ke Presiden Joko Widodo. Dalam pertemuan tadi Basuki mengatakan pembangunan jembatan Bangka – Sumatera, memungkinkan dengan APBN. “Hal ini merupakan suatu hal yang sangat baik sehingga tahun ini juga beliau menjanjikan akan melakukan Feasibility Study dan pembuatan DED,” sambungnya.

Distribusi kebutuhan bahan pokok ke Babel akan semakin lancar, bila jembatan penghubung terbangun. Bila distribusi kebutuhan pokok lancar, akan sangat memungkinkan harga terkendali dan inflasi lebih baik. Karena Babel memiliki 3 KEK Pariwisata, jembatan ini akan meningkatkan kunjungan wisata. “Tentunya Babel akan sangat terbantu dengan adanya pembangunan jembatan ini,” ujar pria yang akrab disapa Bang Dedi ini.

Terkait pro kontra bagi Erzaldi bukan permasalahan utama, karena realisasi jembatan penghubung tanpa menyedot APBD lebih penting. Dia lebih melihat banyak dampak positif dibandingkan dampak negatif, bila jembatan penghubung terbangun. “Setiap kegiatan itu pasti ada pro kontra, untuk itu mari kita berdoa mudah – mudahan pembangunan jembatan ini dapat terealisasi dengan baik,” harap Dedi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker