KABAR UTAMA

45 Hektar Lahan Direklamasi

Seputarbabel.com, Basel – PT Timah Tbk akan melakukan kewajiban mereka terhadap lahan  bekas tambang di Kabupaten Bangka Selatan (Basel). Seluas 45 hektar lahan bekas tambang di lokasi Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah yang telah selesai ditambang, akan direklamasi. Proses reklamasi lahan yang tersebar di seluruh kecamatan di Basel tadi akan dilakukan tahun 2019 ini.

Kepala Wasprod PT Timah Tbk Unit Toboali, Edi Supriadi mengatakan hal tersebut. Menurutnya PT Timah wilayah produksi Toboali optimis dapat menyelesaikan 45 hektar lahan untuk direklamasi selama 2019. “Kita optimis sampai akhir tahun nanti bisa tergarap sampai 45 hektare sesuai dengan yang ditargetkan,” katanya Kamis (13/6/2019) kepada wartawan.

Melalui Pemeriksa Reklamasi Wilayah Basel, Kasmin dijelaskan sampai saat ini pihaknya sudah mereklamasi seluas 20 hektar lahan bekas tambang. Dari 20 hektar tadi, terdapat lahan bekas tambang baik yang sudah selesai direklamasi maupun yang masih dalam proses reklamasi. Sehingga dengan sedikit IUP PT Timah di Basel yang ditambang, tentu akan sedikit pula lahan yang direklamasi. “Luasnya lahan yang direklamasi tergantung luas lahan yang dibuka untuk ditambang,” tambah Kasmin.

Diterangkan Kasmin lahan yang akan direklamasi telah diturunkan berbagai alat berat. Seperti buldozer dan excavator mini untuk meratakan lahan yang sebelumnya telah mereka tambang. “Setelah itu baru lahan ditanami dengan tanaman seperti Sengon, Jambu mete, Ketapang, serta tanaman buah-buahan lainnya. Kita meminta dukungan dari masyarakat dan pemda dalam reklamasi ini agar dapat berjalan lancar dan mencapai target sampai akhir tahun nanti,” pintanya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker