Bangka Belitung

Usai Cuti Lebaran, Dewan Dilarang DL

Pangkalpinang – Sepertinya citra negatif perilaku anggota dewan yang keran dinas luar daerah (DL) ingin ditampik. Karena usai cuti hari raya Idul Fitri 1440 H, DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) langsung dilarang DL. Sepekan ini mereka ‘dipaksa’ turun ke lapangan di 7 Kabupaten/Kota di Babel saja, sehingga dapat maksimal menjalankan fungsi legislatif.

Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya mengingatkan, bahwa dalam undang – undang otonomi daerah pemerintah merupakan eksekutif dan legislatif. Sehingga pekerjaan – pekerjaan yang masih tersisa menjelang akhir jabatan harus segera diselesaikan. “Tidak apalah menjelang akhir jabatan ini saya sebagai ketua harus otoriter dulu. Kawan – kawan anggota kita minta turun ke Kabupaten/Kota selama seminggu ini,” harapnya.

Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya

Hari pertama usai cuti lebaran, DPRD Babel menggelar rapat badan musyawarah (Banmus). Rapat digelar Senin (10/6/2019) pagi, baru selesai pukul 12.30 WIB, tadi dihadiri 3 pimpinan DPRD, Didit Srigusjaya, Hendra Apollo dan Toni Purnama. Dewan sengaja memanggil banyak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Sekda, mengingat banyaknya permasalahan yang dibahas.

Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya bahkan melarang anggota DPRD dalam seminggu ini untuk dinas luar daerah. Karena diakhir masa jabatan, masih banyak agenda yang belum selesai dibahas, diantaranya Pansus HTI dan Zonasi. “Kita (hari ini) semangat baru, maka harus cepat selesaikan berbagai masalah masyarakat, waktu tugas kita sampai September 2019. Tidak ada (anggota dewan) yang keluar daerah dulu kecuali pak Hendra dan pak Tony,” paparnya.

Dari eksekutif selain Sekda Pemprov Babel, Yan Megawandi hadir kepala Dinas (OPD, red) diantaranya, Bappeda Fery Insani, Kadisnakertras Ceppy Nugraha, Kadis Pertanian Juadi, Kadis Kehutanan Marwan dan Kadis PU Noviar. Dalam rapat Didit membahas selain terkait RAPBD Perubahan dan RAPBD 2020. Juga membahas soal rendahnya harga sawit dan karet, serta kewajiban perusahaan memberikan BPJS Ketenagakerjaan.

Diawal rapat, Didit membuka dengan mengucapkan selamat lebaran kepada seluruh peserta rapat. Kemudian setelah dijelaskan oleh Sekda dan satu persatu Kepala OPD soal teknis terkait yang ditanyakan Didit, rapat pun berlanjut dengan membahas permasalahan tadi. “Selain soal harga sawit dan karet, BPJS Ketenagakerjaan juga kita bahas soal HTI (hutan tanam industri) di Beltim,” tambahnya usai rapat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker