Tuan Rumah Kejurnas! Upaya Maksimalkan Wushu

Tuan Rumah Kejurnas! Upaya Maksimalkan Wushu

Seputarbabel.com, Pangkalpinang – Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Wushu memperebutkan piala bergilir Presiden Ke II tahun 2019, akan diselenggarakan 20 – 28 Juni mendatang. Bertempat di GOR Sahabudin dipastikan akan diikuti 26 Provinsi dengan total peserta 705 atlet. Menjadi tuan rumah ajang nasional di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ini, merupakan strategi agar cabang olahraga Wushu bisa memaksimalkan prestasinya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Babel, Suharto kepada wartawan Kamis (23/05/2019) mengatakan hal ini. Menurutnya langkah menjadikan Babel tuan rumah dalam kejurnas Wushu, memang dilakukan agar atlet Wushu Babel yang lolos PON XX tahun 2020 maksimal. Karena dengan adanya kejuaraan ini selain untuk seleksi PON, maka jam terbang atlet pun bertambah dengan biaya minimal.

Kadispora Babel Suharto Dijelaskan Ketua Pengprov WI Babel Ricky Kurniawan Ketika Meninjau Lokasi TC Cabor Wushu di Kurnia Wushu Kencana

“Memang sengaja kita minta di sini, karena untuk seleksi PON bisa optimal. Kalau kita mau kirim atlet ke luar daerah kan makan biaya yang tidak sedikit. Selain memang kedatangan saya langsung ke sini (Kurnia Wushu Kencana) dalam rangka memberikan semangat mereka untuk mengukir prestasi yang optimal,” papar Suharto.

Dijelaskan pula oleh dirinya, dengan adanya Kejurnas Wushu 2019 pada Piala Presiden ke 2 ini akan berdampak pada perekonomian Babel. Karena pesertanya ratusan dan dari banyak Provinsi tentu bukan penerbangan dan hotel saja, tapi juga pelaku UMKM di Babel. “Yang terpenting bisa meloloskan sebanyak mungkin (atlet) untuk PON, baru kita bicara selanjutnya targetnya di PON,” tambahnya.

Untuk kesiapan venue Kejurnas Wushu 2019, Piala Presiden ke 2 tadi dipastikan bulan depan sudah terlihat kemajuannya. Karena menurut Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Wushu Indonesia (WI) Babel, Ricky Kurniawan, Senin (20/05/2019) lalu perlengkapan penting kegiatan sudah dikirim ke Babel. “Peralatan berupa 1 ring untuk tarung bebas dan 2 lokasi berupa karpet khusus untuk kelas peragaan 2 hari yang lalu sudah di kirim,” terangnya.

Sedangkan untuk kesiapa pembukaan Kejurnas Wushu 2019, Piala Presiden ke 2 di Babel kali ini. Menurut Ricky sudah dipastikan Ketua Umum PB Wushu Indonesia, Airlangga Hartarto akan hadir. Sementara Menteri Pemuda & Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, akan membuka acara sedangkan kehadiran Presiden Joko Widodo masih mereka upayakan. “Yang terpenting untuk kesiapan venue tidak ada masalah,” tambahnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan