KABAR UTAMA

PT. Tri Karya Alam Bersama Pemkab Belitung sepakat, Jalin Kerjasama di Bidang Eksplorasi Hasil Laut.

Penulis : Matababelonline.com / 4G.

Tanjungpandan, – Ketua Umum Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) DR (c) Suriyanto PD, SH, MH, MKn dan Mr. David dari PT. Tri Karya Alam (TKA) sepakat menjalin kerjasama di bidang eksplorasi hasil laut yang ada di Belitung. Nantinya, hasil laut tersebut akan dikemas menjadi komoditi berkualitas ekspor.

Penandatanganan kesepakatan kerjasama tersebut dilaksanakan di ruang rapat Bupati Belitung, dengan disaksikan langsung Wakil Bupati Belitung Ishak Meirobie, Selasa (12/3/2019) kemarin.

Usai penandatanganan kesepakatan kerjasama, Ketua Umum PWRI Suriyanto PD mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kebijakan Pemerintah Kabupaten Belitung yang mengeluarkan kebijakan membuka ruang investor, melalui kemudahan kebijakan investasi.

Kemudahan dalam berinvestasi tersebut, kata Suriyanto, sejalan dengan keinginan Presiden yang mengingatkan kepala daerah untuk mempermudah masuknya investasi dan memberi peluang selebar-lebarnya bagi investor sektor industri dan manufaktur demi mendorong peningkatan lapangan kerja.

“ Saya menyambut baik atas kebijakan satu atap yang dijalankan oleh pak Bupati dan pak Wabub kabupaten Belitung, Ketua DPRD dan juga Direktur BUMD Kabupaten Belitung. Kemudahan dalam proses perizinan, kepastian hukum dan keamanan dalam berusaha, sejalan dengan keinginan Presiden Joko Widodo, agar lapangan kerja bagi masyarakat Belitung terbuka lebar,” kata Suriyanto, kepada Awak media, Rabu Siang (13/3/2019).

” Kami sudah berbicara panjang lebar, tentang potensi, strategi maupun hal-hal prinsip serta teknis lainnya, dan saya juga sudah bertemu Bupati dan Ketua DPRD Belitung secara langsung. Prinsipnya beliau-beliau menyetujui secara tertulis untuk menjalankan program tersebut,” terangnya.

Ia juga menyebutkan kerjasama pengoperasian pendingin ikan atau cold storage ( kastorit) yang sudah dibangun oleh kementerian KKP dan dilimpahkan ke Pemkab Belitung sudah disepakati bersama, dalam waktu dekat investor Mr. Davit didampingi Ketum UKM Indonesia akan membawa tim teknis dari Korea.

“Mungkin dalam akhir bulan ini kita sudah duduk bersama kembali untuk presentasi secara kongkrit dalam hal pengembangan ekspor hasil laut ke luar negeri yang kerjasamanya akan kita sepakati kemudian secara rinci oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Belitung,” sebutnya.

Terkait tenaga kerja, Suriyanto mengatakan akan lebih banyak menyerap tenaga kerja lokal dan hanya mempekerjakan tenaga luar di bagian teknis ahli saja.

“ Saya ini orangnya idealis terhadap NKRI jadi saya sudah membuat kesepakataan dengan Mr.Davit sebelum saya dan tim sampai kebelitung ini, bawasanya kami hanya mendatangkan tim ahli, baik tim ahli penangkapan, tim ahli kastorit dan tim ahli marketingnya saja,” ungkapnya.

” Kalau untuk pekerja-pekerjanya baik management kita sepenuhnya dari masyarakat daerah itu, sudah saya sampaikan ke Bapak Bupati, saya sampaikan juga ke pak Wabup dan Ketua DPRD, begitu pula Direktur UKM . Dan saya sangat mengapresiasi Bupati dan jajaranya, karena menyambut baik dan kinerjanya sangat cepat. Ini namanya sistem satu pintu yang disuarakan Presiden itu memang sudah dijalankan di pemerintahan Kabupaten Belitung ini,”pungkasnya.

Dalam kesempatan itu pula, Investor Mr.Davit memberi apresiasi dan terima kasih kepada PWRI dan institusi terkait yang telah mendampingi saat melakukan peninjauan lapangan.

“ Saya juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya dan sangat berapresiasi kepada Dinas Perikanan yang diwakili bapak Susanto dalam peninjauan awal sampai peninjauan akhir kastorit yang pada hari ini, kami sudah melihat kondisi di dalamnya yang sudah memadai. Baik itu bagian ruangan dan mesin operasionalnya,” ucapnya.

“Semoga Allah Tuhan Yang Maha Esa memberi langkah, memberi kemudahan buat kita sebagai Investor dan buat Pemda kabupaten Belitung serta masyarakat setempat, agar rencana ini dapat berjalan dengan baik, serta rencana ini dapat berjalan dengan panjang dan dapat membuat wadah baru dalam bidang perikanan untuk kita agar bisa di ekspor keluar, baik Kenegri Korea, Jepang dan Cina. Ini planingnya semoga Tuhan memberi kemudahan bagi kita semua,” harapnya.

Selain Wakil Bupati Isyak Meirobe, turut menyaksikan penandatanganan kesepakatan kerjasama tersebut Ketua Umum Forum UMKM Wahyu Raja Intan, Team dari PT TKA Group, Dirut BUMD Ajun, PT. Matabel Nusantara Melky, Ketua DPC PWRI Belitung Endi Nomansyah dan beberapa anggota PWRI Belitung lainnya.

Kabar yang datang langsung dari Ketua Umum Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) DR (c) Suriyanto PD, SH, MH, MKn melalui pesan singkat WhatsAppnya di Group DPC PWRI Belitung Minggu (17/03/19) Malam.

“Info saya tanggal 31 Maret sampai tanggal 3 April ke belitung bawa tim teknis untuk pemaparan dan pembahasan kerjasama langsung dengan BUMD.”Papar Ketum DPP PWRI.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker