KABAR UTAMA

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan Gelar Sosialisasi Timpora.

Penulis : Lucky.

Belitung, seputarbabel.com – Dalam menangani Keimigrasian dan Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) di Wilayah Kabupaten Belitung, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan menggelar Sosialisasi di Resto Pandan House Aik Merbau, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Kamis (14/03/2019).

Kegiatan Sosialisasi dari Kantor Imigrasi ini di buka oleh Wakil Bupati Belitung Isyak Merobie dan di hadiri oleh para tamu undangan diantaranya Kadiv Imigrasi Kanwil Kementerian Hukum dan Ham Kepulauan Bangka Belitung Eko Budianto, Dandim 0414 yang di wakilkan, Polres Belitung yang di wakilkan serta Lurah dan Kades se-Kecamatan Tanjungpandan.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan Dewanto Wisnu Raharja mengatakan, Sosialisasi ini intinya pengawasan orang asing sangat penting di wilayah pulau Belitung ini.

“Dalam pengawasan orang asing di pulau Belitung ini di perlukan Sinergitas antara beberapa pihak yang terkait. Karena pengawasan itu menjadi tanggung jawab kita bersama.” Ucap Dewanto.

“Oleh karena itu kami dari pihak Imigrasi akan segera membentuk Tim pengawasan orang asing hingga ke tingkat Kecamatan, Kelurahan dan Desa.

“Maka setelah Timpora se pulau Belitung ini sudah terbentuk, maka mereka akan segera dikukuhkan di Kantor kami kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan. Penetapan pengukuhan Timpora ini diperkirakan akhir bulan maret nanti. Dalam pengukuhan itu kami akan mengundang 12 kecamatan diantaranya 7 kecamatan dari Belitung Timur dan 5 Kecamatan dari Belitung dan akan kita pusatkan di Belitung ini pada akhir maret nanti.” Jelasnya

Sementara Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie mengatakan, sosialisasi Pengawasan Keimigrasian dan Tim Pora Tahun 2019 yang di lakukan oleh Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan di wilayah Kabupaten Belitung sangatlah Positif.

“Belitung ini sudah merupakan Gerbang Pariwisata yang artinya baik Gerbang dan Jendela serta pintunya sudah terbuka lebar untuk para pekerja asing bisa masuk dari cara dan berbagai upaya.

“Nah disinilah peran Organisasi perangkat Daerah (OPD) dan aparat pemerintah daerah untuk semua Bersinergi, mereka Berintergrasi untuk bisa memperkuat Deteksi terkini, kira kira keberadaan orang asing itu sudah memenuhi syarat atau tidak apalagi sampai menetap.” Ujar Isyak.

Disisi lain Kadiv Imigrasi Kanwil Kementerian Hukum dan Ham Kepulauan Bangka Belitung Eko Budianto menuturkan, sebagaimana dipahami bersama Globalisasi terbuka atau Iklim Investasi terbuka tidak bisa dielakan.

“Dalam sisi lain jumlah sumber daya manusia (SDM) di Imigrasi sangat terbatas, termasuk Infrastuktur dan Anggarannya. Untuk itu Tim Pora sebagai strategi prinsip mereka.” Ucap Eko.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker