KABAR UTAMA

Setahun 400 Hektar Lahan Akan Direklamasi

Seputarbabel.com, Pangkapinang – PT Timah Tbk menargetkan kegiatan reklamasi lahan bekas tambang minimal seluas 400 hektare per tahun di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Ini sebagai upaya perusahaan menghijaukan kembali lahan kritis di daerah itu. Berbagai bentuk reklamasi pun terus dikembangkan PT Timah agar tidak hanya menghijaukan kembali lahan bekas tambang mereka, namun memberikan nilai ekonomi di masa mendatang bagi masyarakat.

Direktur Operasional dan Produksi PT Timah Tbk, Alwin Albar mengatakan hal tersebut, beberapa waktu lalu menurutnya dalam setahun perusahaan akan mereklamasi lahan kritis di Babel seluas 400 ha. “PT Timah minimal mereklamasikan lahan bekas tambang 400 hektare per tahun,” katanya Rabu (27/2/2019) lalu.

Direktur Operasional PT Timah Alwin Albar Meberikan Santunan Kepada Anak Yatim Piatu

Kewajiban PT Timah Tbk mereklamasikan minimal 400 hektare per tahun tersebut berdasarkan Peraturan ESDM dan Minerba tentang Reklamasi. “Kementerian mewajibkan PT Timah mereklamasikan lahan bekas tambang di kawasan izin usaha penambangan di tujuh kabupaten/kota Provinsi Kepulauan Babel,” ujarnya.

Menurut dia, tahun ini kegiatan reklamasi ini harus sesuai regulasi yang telah diterbitkan pemerintah, di antaranya lahan reklamasi harus ditanami 100% dengan tanaman keras atau berumur panjang. “Kami berharap pemerintah daerah juga memperhatikan regulasi dalam mengajukan reklamasi lahan bekas tambang, agar perusahaan bisa mempertanggungjawabkan anggaran untuk kegiatan penghijauan tersebut,” katanya.

Diceritakan Alwin, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung pernah meminta lahan bekas penambangan milik PT Timah untuk dijadikan sawah, namun PT Timah harus mempertimbangkan permintaan gubernur karena terkendala peraturan. “Kita sudah mengajukan kemudahan kepada kementerian untuk memberikan kelonggaran dalam mereklamasikan lahan bekas tambang ini yang sesuai visi misi pemerintah daerah dalam meningkatkan produksi pangan lokal,” ungkapnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker