KABAR UTAMA

Setelah Program Lebah Sukses, Kembali Pemerintah Kabupaten Belitung Luncurkan Launching Pelanduk.

Penulis : Lucky.

Foto Launching Program Pelanduk di tandai dengan pelepasan balon ke udara.

Belitung, seputarbabel.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung kembali luncurkan Launching Program yang ke-Empat dengan nama Program Pelayanan Medik Untuk Kampung (PELANDUK).

Program ini diresmikan langsung oleh Bupati Belitung H. Sahani Saleh, S.Sos yang bertempat di UPTD Puskesmas Badau Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung, pada Senin (25/02/2019).

Adapun yang hadir dalam Launching Program Pelanduk yaitu: Bupati Belitung H. Sahani Saleh, S.Sos, Wakil Bupati Isyak Merobie, Kapolsek Badau Iptu Sugraito, Kepala Dinas Kesehatan Dr.Suhendri,q Tokoh Masyarakat Badau.

Selain Launching Program Pelanduk, Bupati Belitung juga meresmikan pengoperasian kendaraan Unit Gawat Darurat 24 jam UPT Puskesmas Badau.

“Ini merupakan suatu bentuk pelayanan yang sinergi dengan pelayanan dasar yang memang wajib di laksanakan bagi Pemerintah dalam bidang Kesehatan,” ucap orang no satu di kabupaten Belitung itu.

“Program Kesehatan ini adalah tujuan utama Pemerintah untuk mewujudkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat agar bisa hidup sehat, selain itu juga pemerintah akan memberikan pelayanan Pencegahan,” tambahnya.

Masih di tempat yang sama Wakil Bupati Belitung Isyak Merobie juga menyampaikan secara detail  terkait Program Pelanduk yang di buat Pemerintah Kabupaten Belitung.

“Progam Pelanduk ini merupakan instruksi dari Bapak Bupati karena sesuai dengan Visi Misi kami saat Kampanye dahulu, dan memang kami laksanakan karena sudah merupakan janji kami kepada Masyarakat,” lanjutnya.

“Dalam hal ini kenapa di namakan Program Pelanduk, karena Pelanduk merupakan Hewan yang bergerak gesit dan cepat demikian juga pelayanan Medik untuk Kampung, makadari itu kami singkat Pelanduk,” jelas Isyak.

Foto Bupati dan Wakil Bupati Belitung saat mengendarai kendaraan operasional kesehatan yang di beri nama Pelanduk.

Kami juga menyiapkan berbagai pasilitasi kendaraan kesehatan berupa Motor sehat, Motor ini bisa bergerak cepat dan gesit guna membantu masyarakat Kampung yang sakit untuk mendapatkan perawatan, karna masyarakat biasanya selalu menunda bunda waktu untuk datang berobat, jadi semoga dengan pasilitasi yang di sediakan bisa membantu masyarakat, jika memang sudah parah sakitnya sebaiknya segera  datang ke Rumah Sakit atau Puskesmas terdekat.

“Kenyataan seperti ini lah yang ingin kita ciptakan dalam Program Pelanduk ini, membantu masyarakat yang sakit dengan langsung datang memeriksa dan mengobati ke rumahnya Dengan istilah (jemput bola-red),” ucap Isyak.

Ia juga menjelaskan untuk bisa mendapatkan penyediaan layanan Kesehatan GRATIS 24 jam yang di sediakan oleh Pemerintah Kabupaten Belitung.

“Dengan cara menghubungi layanan Public Safety Center di  nomor telepon 119 ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh Masyarakat Belitung,” jelasnya.

Tenaga Medis akan datang mengunjungi dan memberikan pengobatan langsung ke rumah pasien dengan menggunakan Motor dan akan dikerahkan Mobil Ambulance nantinya jika diperlukan.

Penggunaan motor untuk Pelanduk saat ini diterapkan di 4 kecamatan, nantinya berdasarkan hasil evaluasi akan ditingkatkan ke Desa Desa jika dibutuhkan.

Program Pelanduk inipun terintegrasi dengan Ambulance 119 dan pelayanan UGD Puskesmas Badau yang melayani selam 24 jam terhitung sejak acara ini diresmikan beserta Program Sehati.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker