Lahan Bekas Tambang Ditanami Bawang

Lahan Bekas Tambang Ditanami Bawang
CSR PT Timah

Seputarbabel.com, Bangka Tengah – Dalam memanfaatkan lahan bekas tambang timah agar menjadi lahan produktif, ternyata tidak harus dengan tanaman buah – buahan. Di Desa Bukit Kijang, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah lahan bekas tambang telah menjadi lahan budidaya bawang merah.

Kepala Desa Bukit Kijang Idryansyah mengatakan, mengatakan dilahan tersebut telah ditanam satu ton bibit bawang merah. Pengembangan komoditas bawang merah dilakukan pada lahan bekas tambang bijih timah seluas lima hektar. “Bisa sebagai upaya kita mengurangi ketergantungan pasokan bawah impor,” ujarnya.

Pengembangan tanaman bawang ini juga dalam upaya memotivasi warganya agar menekui pertanian. Dipastikan pertanian memiliki prospek untuk meningkatkan ekonomi keluarga. “Alhamdulillah ujicoba tanaman bawang berhasil dan ini membuktikan tanah kawasan bekas tambang ini cocok untuk tanaman tersebut,” ujarnya.

Agar optimal pengolahan dan penanaman bawang ini pihaknya sudah memesan mesin dan kompos, karena unsur hara tanah di lahan bekas tambang ini sudah berkurang. Diperkirakan 1 ton bibit bawang ini bisa menghasilkan 10 ton bawang merah dan cukup untuk memenuhi kebutuhan di Pulau Bangka dan pulau Belitung. \lsdlock

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan