KABAR UTAMA

Kik Dukun : Resat Dan Mairin Pimpin Ritual Maras Tahun Dusun Aik Kalak Desa Pelepak Pute.

Penulis : Lucky.

Foto hidangan pelengkap dalam acara kegiatan Maras Tahun Dusun Aik Kalak.

Belitung, seputarbabel.com – acara tradisi Tahunan yang biasa di sebut dengan (Maras Tahun-red), Tahun ini di gelar masyarakat secara bersama di kediaman anak Kik Dukun Resat yang bertempat di Dusun Aik Kalak Desa Pelepak Pute Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung, pada Minggu (10/02/2019).

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Belitung H. Sahani Saleh, S.Sos, Kepala Desa Pelepak Pute, Tokoh Agama dan para Tokoh Masyarakat Dusun Aik Kalak Desa Pelepak Pute Kecamatan Sijuk.

Selihan selaku Panitia Pelaksana Selamat Tahun (PPST) Aik Kalak mengatakan, pelaksanaan Maras Taun ini memang sudah ada sejak lama. Oleh karena itu, untuk acara Marsa Tahun ini kami adakan secara bersamaan di kediaman anak Kik Dukun Resat.

” Ya biasanya Kegiatan ini dilaksanakan pada sejumlah kampung, yang diturunkan dari turun temurun hingga saat ini, namun untuk Tahun ini kami adakan secara bersamaan,” ujar Selihan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, masyarakat Dusun Aik Kalak mengadakan upacara Adat Maras Tahun. Bagi kami Ini merupakan wujud syukur masyarakat Aik Kalak atas berkah yang diberikan selama setahun sebelumnya.

Acara Maras Tahun ini mempunyai arti yang jauh lebih penting dari sekedar pesta adat, karena memiliki nilai pembelajaran yang berguna kepada semua masyarakat, yaitu agar lebih mengutamakan kebersamaan, gotongroyong, mempererat silaturahim, serta memperkuat persaudaraan antar anggota masyarakat Dusun Aik Kalak.

Adapun ritual yang dilakukan dalam melaksanakan Selamat Kampong Aik Kalak ini mulai dilaksanakan pada pagi hari, sekitar Pukul 08:00 Wib dimana Kik Dukun Resat dan Kik Dukun Mairin dalam istilah Adat Kampung Dukun Aik Kalak melakukan aktifitas semacam Nyucur Air diawali dari kawasan awal kampong dan ujung kampung.

Selain itu ritual lainnya juga dilaksanakan berupa pembacaan Doa yang disertai kesalan, yaitu Dedaunan Neruse untuk dibagikan kepada semua masyarakat Dusun Aik Kalak.

“Ritual ini bertujuan supaya anak dan masyarakat Aik Kalak, semuanya mendapat perlindungan dari keburukan mahkluk halus beserta sifat lainnya, kami ingin melestarikan budaya yang ada di Dusun Air Kalak ini, agar membudaya lagi, atau mungkin bisa juga sebagai contoh untuk Dusun-dusun yang lainya,” tutup Selihan.

Dan tak lupa pula kami ucapkan terimakasih karena, acara ini bisa terselanggara berkat adanya bantuan dari masyarakat, pengusaha dan pihak lainnya. Dalam kegiatan maras tahun ini, sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar, dan pentas hiburan musik berupa organ tunggal, di siapkan pada waktu pagi dan malam hari sebagai acara pelengkap untuk masyarakat Dusun Aik Kalak.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker