KABAR UTAMA

Target Raih Predikat Zero Fatality 2019

Seputarbabel.com, Pangkalpinang – Sebagai perusahaan tambang, PT Timah Tbk berkomitmen tidak hanya dalam masalah tanggung jawab sosial dan dampak lingkungan. PT Timah juga menargetkan tidaka ada kecelakaan di lokasi tambang miliknya. Tidak heran bila PT Timah berupaya agar meraih predikat zero fatality 2019.

Sebagai bentuk komitmen dalam mewujudkan target tersebut PT Timah menggandeng PT Biro Klasifikasi Indonesia. General Manager PT Timah Tbk, Ahmad Syamhadi saat membuka forum grup discussion bertema “Inspeksi Pengujian Peralatan Pertambangan Penunjang Keselamatan dan Zero Accident Tahun 2019 di Pangkalpinang” akhir tahun lalu mengatakan, “kita berkomitmen dan menargetkan bisa meraih predikat zero fatality 2019,” katanya.

Ditambahkan Ahmad berdasarkan statistik, fatality accident 80 persen bisa dicegah dengan inspeksi yang rutin. “Kalau cek inspeksinya detail dan kita disiplin melakukannya dan kualitas inspeksinya bagus, cukup dengan panca indra bisa mengcover, mencegah 80 persen dari insiden-insiden yang serius, yang fatal,” ujarnya.

Sekretaris Perusahaan PT Timah Tbk, Amin Haris Sugiharto mengatakan target zero fatality bisa tercapai bilamana perusahaan menjalankan tahapan-tahapan dan program yang dibuat secara tepat dan terarah. Inspeksi yang berkala dapat mencegah potensi accident, khususnya terhadap alat-alat yang bergerak (moving part). “Makin tinggi tingkat fatality sebuah alat, maka makin tinggi pula upaya pencegahan yang harus dilakukan,” katanya.

Kehadiran BKI diharapkan dapat memberikan nilai tambah dan jaminan keamanan bagi peralatan produksi PT Timah dan mitra kerja PT Timah. Kepala Departemen Operasi Komersil PT BKI, Rusdin Haluddin mengatakan siap mendukung Unit Pertambangan Laut PT Timah demi mewujudkan targetnya yakni zero fatality 2019. “Kami dalam beberapa tahun terakhir sudah menerima penghargaan dari Departemen Tenaga Kerja tentang Zero Accident, dan itu sejalan dengan target pencapaian PT Timah,” ujarnya.

Koordinator Inspektur Tambang Babel Suryono menyampaikan, PT Timah sebagai pemegang IUP  komoditas timah terbesar di Babel, baik di darat maupun di laut potensinya sangat besar sekali. “Dalam hal keselamatan, saya tak meragukan lagi. Saya kira PT Timah selalu menjamin untuk memberikan keselamatan, karena Perusahaan ini mempunyai visi yang sangat baik sekali, yakni sebagai perusahaan pertambangan terkemuka di dunia yang berwawasan lingkungan,” ujarnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker