Uang Kuno Kesultanan Palembang Berbahan Timah

Uang Kuno Kesultanan Palembang Berbahan Timah

Lengkapi Koleksi MTI Pangkalpinang

Seputarbabel.com, Pangkalpinang – Mata uang Kesultanan Palembang ditemukan di Muntok, Kabupaten Bangka Barat (Babar) diketahui berbahan timah. Karena erat kaitan dengan sejarah pertimahan Indonesia di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Maka mata uang tersebut melengkapi koleksi Museum Timah Indonesia (MTI) Pangkalpinang.

Kepala MTI Pangkalpinang M Taufik kepada seputarbabel.com mengatakan hal tersebut. Memang setelah memenuhi beberapa tahapan, guna menjadi syarat untuk menjadi koleksi musium. Kini sudah seminggu mata uang tersebut, menjadi koleksi baru TMI Pangkalpinaang. “Sudah, sekarang sudah ada di MTI Pangkalpinang,” jawabnya.

Diterangkan pula oleh Taufik, tidak mudah menambah koleksi MTI Pangkalpinang. Selain masyarakat belum banyak paham akan keberadaan benda bersejarah juga langkahnya barang bersejarah. Terakhir koleksi museum yang didirikan PT Timah Tbk ini, bertambah pada tahun 2009. Koleksinya berupa balok timah pada jaman Belanda yang ditemukan di daerah Tua Tunu.

Taufik pun mengajak partisipasi serta peran aktif masyarakat, dalam pengembangan MTI Pangkalpinang. Terlebih penambahan koleksi, sehingga dapat menambah daya tarik pengunjung. Tentu saja selain menjadi tempat wisata, museum juga bisa di jadikan sebagai sarana edukasi. “Jika menemukan benda bersejarah yang berkaitan dengan pertimahan segera laporkan ke kami,” pintanya.

MTI Pangkalpinang merupakan bagian dari Bidang Humas PT Timah, sehingga pengelolaan ditanggung PT Timah sepenuhnya. Jika masyarakat ingin menyumbangkan benda bersejarah yang bisa jadi koleksi MTI Pangkalpinang. “Kita akan melakukan perawatan dengan memberi apresiasi mencantumkan nama pemilik pada koleksi tadi. Jika ingin dijual kami akan melakukan negosiasi untuk membelinya,” terang Taufik.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan