PT Timah Eksis Di Belinyu Sejak Tahun 1930

PT Timah Eksis Di Belinyu Sejak Tahun 1930

Seputarbabel.com, Bangka – Wakil Bupati Bangka, Rustamsyah sebagai “Wong Belinyu” mengaku dalam sejarah penambangan di Bangka Utara. PT Timah Tbk sudah eksis memberikan kontribusi, sejak tahun 1930 lalu. Makanya dia memastikan, sudah lebih dari 42 tahun selain melakukan penambangan juga mendorong kemajuan Belinyu.

Ditemui wartawan di Pesta Rakyat PT Timah 2018, di lapangan Bola Hijau, Kecamatan Belinyu Rustamsyah mengatakan hal itu. Dia pun mengaku wajar bila perhatian PT Timah telah begitu banyak bagi Belinyu. Berbagai infrastruktur, tidak hanya akses jalan dan berbagai fasilitas umum seperti fasilitas pendidikan dan kesehatan. “Makanya saya katakan, hari demi hari PT Timah tetap melirik dan memperhatikan Belinyu,” tambahnya.

Walau pun memang dalam sejarah pertambangan, PT Timah juga memajukan wilayah utara Bangka lewat aktivitas penambangan. Bahkan melalui metodelogi tambang non konvensional (TN), banyak menciptakan pengusaha baru dari warga Belinyu. Sebelumnya, warga memang diberikan kontribusi dengan menjadi kalangan pekerja kasar di perusahaan.

Dibantah Rustamsyah, jika kontribusi PT Timah kepada Belinyu terus menurun. Akan tetapi perbedaan status perusahaan, membuat terasa ada penurunan. Era masa kebijakan pemerintah yang membuat itu bergeser.”Tiak dipungkiri, sejarah sudah membuktikan, keberadaan PT Timah baik dalam bentuk TN. Bukan kontribusinya (yang) terus menurun, sehingga keberadaa PT Timah tetap eksis sudah lebih dari 42 tahun,” paparnya.

Sedangkan Direktur Utama PT Timah Mochtar Riza Pahlevi Tabrani dalam sambutan mengatakan, Belinyu memang menjadi khusus. Karena sejarah pertambangan Belinyu sangat erat dengan penambangan PT Timah sebagai perusahaan. “Belinyu adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari PT Timah,” paparnya sebelum membuka acara pesta rakyat.

Hadir dalam acara Pesta Rakyat PT Timah 2018, pengisi acara dengan MC Ferry Maryadi dan penampilan pamungkas Wali Band. Selain itu sebagai pengisi acara pembuka, band komedi dari Grup Jigo menggelar tawa. Grup Jigo besutan komedian Aa Jimmy dan Ade Dora selesai. Orkes Nunung Cs menghibur dengan genre musik era 70an.

Tidak hanya itu, berbagai fasilitas kuliner dan permainan anak – anak hingga lokasi hiburan bagi keluarga mengisi lokasi Pesta Rakyat itu. Riza pun bersama jajaran direksi, komisaris dan anak perusahaan berbaur. Mereka berbincang dan disalami warga, begitu Direktur Utama Timah Investasi Mineral, Dani Virsyal sebagai putra daerah Bangka Utara.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan