PT Timah Dorong Pengembangan Hutan Pelawan

PT Timah Dorong Pengembangan Hutan Pelawan

Seputarbabel.com, Pangkalpiang – Karena memberikan dampak terhadap perekonomian masyarakat, PT Timah Tbk ikut mendorong pengembangan kawasan Hutan Pelawan. Bahkan PT Timah berkomitmen untuk terus mendukung upaya pelestarian kawasan Hutan Pelawan bersama masyarakat.

Kepala Bidang Humas PT Timah Anggi Siahaan kepada wartawan mengatakan hal tersebut, menurutnya pelestarian hutan memang menjadi program strategis PT Timah. “Salah satunya pelestarian hutan pelawan karena bisa memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitarnya. Semoga apa yang dilakukan PT Timah dapat bermanfaat untuk meningkatkan ekonomi daerah,” terangnya.

Sedangkan Zaiwan seorang petani di Kabupaten Bangka Tengah mengatakan pengembangan hutan pelawan sangat menguntungkan masyarkat karena memiliki nilai ekonomis. Karena pohon pelawan yang tumbuh di Hutan Pelawan memiliki nilai ekonomis dan baik untuk kesehatan. Lebag yang bersarang di pohon pelawan merupakan penghasil madu pahit, ditambah dengan jamur pelawan yang tumbuh disekitar pohon pelawan bernilai ekonomi tinggi.

“Harga madu pelawan bisa mencapai Rp 300 ribu per botol, sedangkan jamur pelawan Rp 1,2 juta per kilogram. Dengan begitu, keberadaan hutan pelawan sudah menjadi peluang usaha bagi masyarakat untuk meningkatkan perekonomian keluarga,” ujarnya.

Menurut dia, saat ini luas hutan pelawan mencapai 142 hektare atau mengalami peningkatan signifikan dibandingkan dua tahun sebelumnya. “Kami berterima kasih kepada PT Timah yang telah membantu melestarikan kembali hutan pelawan daerah ini,” katanya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan