Smelter Diminta Realisasi Tema

Smelter Diminta Realisasi Tema

Direksi Tins Hadiri Halal Bi Halal ICDX

Seputarbabel.com, Pangkalpinang –Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babe) dapat menjadi pusat perdagangan timah dunia. Perusahaan peleburan (smelter) timah diminta pro aktif dalam merealisasikan. Halal bi halal Indonesia Commodity Derivatives Exchange (ICDX) 2018 digelar di Novotel Bangka Kamis (5/7/2018) lalu.

Acara dengan tema “Bersatu Membangun Babel Menjadi Sentral Timah Dunia” dihadiri langsung Direktur Utama PT Timah Tbk (tins), Mochtar Riza Pahlevi Tabrani. Ia didampingi Direktur Pengembangan Usaha dan Niaga, Trenggono Sutioso juga Direktur Operasional dan Produksi, Alwin Albar. Hadirnya Direksi tadi memang langsung menjadi perhatian Gubernur Babel Erzaldi Rosman.

Transaksi Di ICDX Buat Kerugian 

Mewakili Plt Badan Pengawas Berjangka Komoditi (Bappebti), Kasan dalam sambutan. Adalah Kepala Biro Pengawasan dan Pengembangan Pasar Bappebti, Dharma Yoga hadir mewakili pemerintah.  Komisaris Utama ICDX, Said Agil Sirod dan Presiden Komisaris Indonesia Clearing House (ICH), Fenny Wijaya. Pimpinan smelter timah Babel pun hadir, salah satunya Suwito Gunawan.

Dalam sambutanya Gubernur langsung menyapa para direksi PT Timah, dia pun menyebut jabatan Alwin sebagi Ketua Assosiasi Eksportir Timah. Baginya timah Babel telah sejak lama menjadi primadona, sebagai tempat bertransaksi yang mendapat keuntungan. ICDX harus punya kontribusi lebih bagi Babel. “Bukan hanya memberi manfaat bagi dunia, tapi juga tanggung jawab membangun Babel,” ungkapnya.

PT Timah Salurkan 148 Miliar

Sementara usai acara Erzaldi menegaskan, jika ke depan dirinya ingin Pemerintah Provinsi punya saham. Sehingga sumber daya alam yang telah dikeruk dapat, tergantikan dengan pembangunan baik fisik maupun sumber daya manusia. “Kalau hanya jual beli timah saja tapi tidak memberikan manfaat, kan susah, kalau ada perubahan (kontribusi) itu kita lihat lagi perubahan seperti apa?,” jelasnya.

Gubernur pun mengingatkan, terkait perubahan agar dilakukan secara terarah. Walau pun memang tidak ada kewajiban atau aturan yang mengatur. Ia berharap ICDX mau dengan sukarela memberikan kontribusi. Ditanya soal kontribusi seperti apa yang diinginkan, menurutnya Gubernur hanya menyarankan. “Itu tergantung mereka, kita pemerintah hanya memberi jalan saja, memfasilitasi,” jawab Erzaldi.

Dorong UMKM Lewat Mitra Binaan

Menurut kabar hari yang sama PT Timah menggelar halal bi halal di kantor pusat. Hanya saja kegiatan tadi menjadi agenda internal perusahaan, sehingga tidak dipublikasi secara luas. Perkembangan harga timah dipastikan aman selama masih ada pendapatan dari transaksi penjualan. “Tidak perlu dikhawatirkan,” ujar Riza di Novotel Bangka.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan