Bangka Belitung

Irup Hari Otda, Wagub Kembali Ingatkan Netralitas ASN di Pilkada

PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Rabu (25/4/2018) pagi, menggelar upacara dalam rangka memperingati hari Otonomi Daerah (Otda) ke-22 Tahun 2018.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam kegiatan yang berlangsung di Halaman Kantor Gubernur Babel itu, Wakil Gubernur Abdul Fatah, dan diikuti Pejabat serta Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemprov Babel.

Wakil Gubernur Abdul Fattah dalam ksempatan itu kembali mengingatkan kepada ASN Pemprov Babel agar menjaga netralitas di Pilkada tiga daerah di Babel.

“Pada tahun 2018, ada dua peristiwa besar dan penting yang akan kita gelar dan laksanakan. Pertama, bagian dari agenda politik nasional yaitu penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018 pada 27 Juni 2018 di 171 daerah yang tetdiri dari 17 provinsi, 115 kabupaten dan 39 kota. Untuk itu, kepada seluruh ASN, saya ingatkan, untuk menjaga netralitas selama Pilkada mendatang berlangsung,” ungkap Wagub saat membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Pemerintah, disampaikan Wagub, tidak akan sungkan memberi sanksi tegas jika ada ASN yang coba-coba menjadi tim sukses calon kepala daerah, juru kampanye, memberikan bantuan fasilitas untuk kampanye atau bentuk tindakan tidak netral lainnya. “Perbedaan selama Pilkada adalah penguat bukan jadi alat pemecah belah,” kata Wagub.

Selain itu, terkait dengan Otda itu sendiri, diungkapkan Wagub Abdul Fatah, bangsa ini semakin dewasa menyadari bahwa cara utama yang paling efektif mewujudkan kesejahteraan rakyat adalah melalui penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis.

Itulah kenapa tema Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXII Tahun 2018 ini adalah “Mewujudkan Nawa Cita Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Bersih dan Demokratis”.

“Penyelenggaraen otonomi daerah yang bersih dan demokratis artinya bukan hanya mengharuskan daerah-daerah menjalankan kewenangan otonomi daerah berlandaskan kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku, tetapi juga harus menjadikan transparansi dan partisipasi publik sebagai dasar dan tolak ukur utama dalam setiap pengambilan kebijakan, sehingga apapun kebijakan itu-dapat dibertanggungjawabkan kepada rakyat,” jelasnya.

Mewujudkan- Nawa Cita sama artinya dengan mewujudkan kesejahteraen rakyat di setiap jengkal tanah air. Mewujudkan kesejahteraan, lanjut Wagub, akan menjadi sebuah keniscayaan jika otonomi daerah diselenggarakan secara akuntabel, transparan, berkepastian hukum, dan partisipatif.

“Penyelenggaraan Otda yang diarahkan untuk membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya, menjadi syarat utama terwujudnya tujuan utama otda yaitu peningkatan kesejahteraan rakyat melalui peningkatan kualitas pelayanan publik dan peningkatan daya saing, kreatifitas, serta inovasi yang mengandalkan kekhasan daerah,” ulas Wagub.

Pada kesempatan itu Wagub juga menekankan tiga hal yang menjadi perhatian bersama, yaitu Integritas dan etika profesionalisme bagi para pemimpin dan penyelenggara pemerintahan daerah.

Dalam implementasi kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah, kata Wagub, merupakan hal yang harus dikedepankan. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), dan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, peningkatan pemberclayaan masyarakat, dan peningkatan daya saing perekonomian daerah, harus terus menjadi prioritas utama kebijakan di semua level Pemerintah Daerah.

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan, ditambahkan Wagub, adalah gelaran Asian Games Ke-18 pada 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang, serta beberapa tempat sebagai tuan rumah pendukung. Untuk itu, Pemerintah memohon do’a dan dukungan seluruh rakyat Indonesia agar event besar ini berlangsung lancar dan sukses.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker