KABAR UTAMAPANGKALPINANG

Langkah Kongkrit Kuasai Cadangan Timah Dunia

Seputarbabel.com, Bali – Hingga hari ini Indonesia Afrika Forum di gelar di Nusa Dua Bali Convention Center, PT Timah Tbkberpartisipasi dalam even internasional itu. Digelar untuk melihat keseriusan Indonesia melakukan peningkatan hubungan ekonomi dengan Negara – Negara di Afrika. Acara tadi juga menggambarkan upaya PT Timah kuasai cadangan timah dunia, kian kongkrit.

Seperti dikatakan Direktur Utama PT Timah Mochtar Riza Pahlevi Tabrani kepada wartawan. Menurutnya di event ini bisa membuka peluang kerja sama bentuk lainnya pada sektor pertambangan, khususnya kerjasama eksplorasi untuk menambah cadangan yang saat ini sedang dimaksimalkan Holding Industri Pertambangan. “Kami terus fokus untuk mengerjakan langkah–langkah strategis guna merealisasikan ekspansi perusahaan di Nigeria,” ujarnya.

Selain berpartisipasi dalam diskusi panel dan eksebisi PT Timah juga melaksanakan penandatanganan shareholder agreement dengan Topwide Venture Ltd. Disaksikan langsung Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan menteri kabinet kerja jilid II antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Menteri Luar Negeri dan Menteri Perdagangan serta Menteri dari negara-negara Afrika. Diharapkan, pasca penandatangan tadi, kedua perusahaan segera merealisasikan pembentukan perusahaan joint venture di Nigeria sebagai langkah positif dalam ekspansi usahanya.

PT Timah melihat Nigeria sebagai salah satu negara penghasil timah yang potensial, selain memiliki sejarah panjang tentang pertimahan Negara itu juga memiliki cadangan timah yang tidak sedikit. Kemudian tahun 2017,  PT Timah dan Topwide Venture Ltd melakukan kesepakatan kerjasama dalam lingkup pengembangan, kolaborasi studi kelayakan investasi, survei geologi, eksplorasi awal, dan perolehan sampel secara detail.

Shareholder agreemen adalah langkah positif terhadap pengembangan usaha perusahaan. “Kami merasa terhormat dan bangga menjadi salah satu perusahaan pertambangan pertama yang memulai pengembangan usahanya ke Afrika. Tentunya kerjasama ini adalah bentuk komitmen perusahaan untuk lebih dikenal di internasional, momentum ini akan kami maksimalkan untuk meraih opportunity, khususnya penguatan eksplorasi untuk peningkatan jumlah cadangan,” paparnya.

Sejak kesepakatan yang dilaksanakan Desember 2017 lalu, bukti bahwa PT Timah ingin menguasai cadangan timah dunia. Karena perusaan patungan tadi, adalah bagian dari usaha perusahaan di Nigeria. “Hal ini tentunya sebagai salah satu langkah yang kami lakukan untuk segera membentuk  JV Co (Joint Venture Company) yang nantinya akan menjadi representasi operasional perusahaan di Nigeria. Total kerjasama tahap pertama ini mencapai USD 26 juta,” jelas Riza.

Bekerja bersama perusahaan yang telah berpengalaman dibidang penambangan dan pengolahan logam timah puluhan tahun. Bagi perwakilan dari Topwide merupakan sesuatu yang bisa dibanggakan. Apalagi PT Timah dan sejarah pertimahan Indonesia juga telah ratusan tahun berada di pasar dunia.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker