Bangka Belitung

KKP Sampaikan Daftar Bantuan Pemerintah yang Bisa Diakses Daerah

SEPUTARBABEL.COM, PANGKALPINANG- Kementerian Kelautan dan Perikanan menyampaikan daftar rencana bantuan pemerintah yang dilaksanakan oleh KKP di tahun 2019 yang bisa diusulkan daerah. Daftar tersebut disampaikan Kassubag penyusunan Anggaran APBN Biro Perencanaan KKP, Dede Solehudin di Hotel Puncak, Rabu (28/3) dalam kegiatan Sinkronisasi Program dan Kegiatan APBN dan DAK yang diselenggarakan DKP Babel.

Dede menuturkan tahun 2019 adalah tahun politik dimana kemungkinan energi dan keuangan daerah akan terkuras untuk pilkada. “Oleh karena itu untuk menyikapi keterbatasan anggaran APBD provinsi untuk pembangunan sarana prasarana kelautan dan perikanan yang dirasa strategis dapat diajukan melalui mekanisme APBN dan DAK,” ungkap Dede.

KKP sendiri tahun 2019 untuk bidang perikananan tangkap menyiapkan bantuan kapal perikanan, alat penangkapan ikan dan alat bantu penangkapan ikan serta penataan kampung nelayan.

“Dalam hal pengembangan budidaya yang bisa diusulkan daerah diantaranya bantuan kebun bibit rumput laut, bantuan sarana dan prasarana perikanan budidaya dalam hal ini excavator, bantuan budidaya ikan dengan sistem bioflok, budidaya minapadi dan bantuan mesin pakan mandiri,” kata Dede.

Dede menambahkan KKP juga menganggarkan pembangunan integrated cold storage, cool box, chest freezer dan ice flake machine kapasitas 1.5 ton yang bisa diakses daerah.

“Babel juga bisa mengajukan pembangunan sarana dan prasarana pasar ikan dan pembangunan sentra kuliner, silakan saja disesuaikan dari pilihan tersebut yang mana yang menjadi prioritas daerah,” lanjut Dede.

Namun demikian ia mengingatkan bahwa usulan tersebut juga harus disertai dengan nama calon penerima berikut dengan lokasi spesifik.

“Sama seperti tahun sebelumnya untuk pengajuan bantuan, daerah jangan lupa siapkan lokasi dan calon penerima yang berupa koperasi nelayan yang berbadan hukum tentunya,” tutup Dede.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker