Bangka BelitungPANGKALPINANG

Dewan Pers Lakukan Verifikasi Faktual Media Seputarbabel.com

Seputarbabel.com, Pangkalpinang– Dewan Pers sebagai otoritas pengawas dan regulator di bidang media massa di Indonesia melakukan verifikasi faktual terhadap media online asal Bangka Belitung, seputar babel.com, Selasa (20/3/2018).

Verifikasi faktual merupakan tindaklanjut dari verifikasi administrasi yang sudah dilakukan Dewan Pers terhadap seputarbabel.com awal tahun 2017 lalu.

Tim verifikasi Dewan Pers, Chelsea dari Komisi Hukum Dewan Pers melakukan verifikasi faktual terhadap media online seputarbabel.com di kantor seputarbabel.com di Jalan Kenangan Dalam, Kelurahan Rawa Bangun, Kecamatan Taman Sari, Kota Pangkalpinang dan diterima Direktur Utama PT. Seputar Babel Jaya Nusantara legal dari seputarbabel.com Fahrizan, Di dampingi wartawan seputarbabel.com yakni Farizandy, Ahmad Wahyudi & Dafa, Dicky, Susanto.

Chelsea mengatakan, verifikasi terhadap media merupakan amanat dari Undang Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Namun karena keterbatasan jumlah komisioner Dewan Pers, maka pada gelombang awal ini Dewan Pers hanya melakukan verifikasi faktual terhadap sejumlah media online

 

”Untuk di Bangka Belitung, ada Tiga media online yang kita verifikasi faktual, salah satunya seputarbabel.com. merupakan media online kedua di Babel yang kita datangi dalam dua hari ini,” ungkap chelsea.

Selain memeriksa dokumen-dokumen yang telah disiapkan pihak seputarbabel.com, Chelsea juga meminta penjelasan kepada Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan tiga wartawan seputarbabel.com yang hadir. Chelsea pun memberikan masukan kepada seputarbabel.com terkait pengelolaan perusahaan pers dan penyelenggaraan kegiatan jurnalistik.

Dikatakan Chelsea, media online yang dinyatakan lolos verifikasi faktual, nantinya akan diberikan nomor atau kode yang ditampilkan di bagian atas laman depannya. ”Kalau memungkinkan nanti kita berikan barkode, sehingga lebih mudah mendeteksinya,” ujarnya.

Pemimpin perusahan seputarbabel.com Fahrizan mengucapkan terima kasih kepada Dewan Pers karena memasukkan seputarbabel.com sebagai salah satu media online di daerah yang diverifikasi faktual.

”Kita berterima kasih kepada Dewan Pers karena seputarbabel.com bisa diverifikasi faktual lebih. Mudah-mudahan saja kita dinyatakan lolos oleh Dewan Pers dalam verifikasi faktual ini,” kata Fahrizan.

Seputarbabel.com selalu berusaha mematuhi semua aturan terkait penyelenggaraan pers.

”Seputarbabel.com merupakan media online yang dinaungi perusahaan pers,” jelasnya. (AAL)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker