Bangka BelitungINFOTAINMENTKABAR UTAMAPANGKALPINANG

Simulasi Sispamkota dan Tri Patra Pilkada 2018

PANGKALPINANG,Seputarbabel.com-Polisi Kepulauan Daerah (Polda) Bangka Belitung bersama TNI Bangka Belitung menggelar Simulasi Sispamkota dan Satuan Tri Patra penanganan konflik sosial dalam rangka Pilkada Serentak Tahun 2018 Provinsi Bangka Belitung di Halaman Kantor Gubernur Provinsi Bangka Belitung. Sebanyak 700 personil anggota Polri dan TNI Kepulauan Bangka Belitung dikerahkan untuk mengikuti pelatihan Sispamkota dan Tri Patra ini.

Kegiatan ini dihadiri oleh Yan Megawandi Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Brigjen Pol Syaiful Zahcri Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Brigjen. Pol. Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum Kepala Biro Multimedia Divisi Humas Polri, Kombes Pol Tantan Sulistyana Wakapolda Kep Bangka Belitung, Kol Inf Abduh Rahman Danrem 045/Gaya, Edi Irawan Ketua Bawaslu Prov. Kep Bangka Belitung dan beberapa jajaran pejabat Polri dan TNI lainnya.

Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Brigjen Pol Syaiful Zahcri dalam arahannya mengapresiasi pelaksanaan simulasi ini yang sudah berjalan baik. Namun menurutnya, ada beberapa hal yg harus diperhatikan lagi selama pelaksanaan kegiatan ini yaitu bahwa tujuan pelaksanaan pelatihan ini adalah untuk membiasakan diri para anggota Polri dan TNI dalam menghadapi situasi konflik demokrasi dan bagaimana cara melatih pergerakan kompi.

” Saya sangat mengapresiasi simulasi yang sudah berjalan baik. Namun ada beberapa hal yang harus kita perhatikan lagi, yaitu bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk membiasakan diri para anggota dalam menghadapi situasi konflik demokrasi dan bagaimana melatih pergerakan kompi, ” Ungkapnya.

Ia menjelaskan kegiatan simulasi Sispamkota dan Tri Patra ini dilakukan dalam rangka antisipasi konflik yg akan terjadi pada saat pelaksaan pilkada serentak Juni mendatang.

” Bukan hanya saat pemilu saja, tapi juga unjuk rasa mengenai demokrasi lainnya, ” Tegas Kapolda.

Kapolda juga menegaskan hasil dari kegiatan hari ini akan menjadi bahan evaluasi nantinya. Kemungkinan menurut Kapolda akan ada latihan mendadak para personel dengan waktu yang mendadak. Oleh sebab itu, seluruh personel Polri dan TNI diharapkan mempersiapkan diri. Lebih jauh Ia juga meminta kepada seluruh pihak yang terkait agar dapat mendukung dan saling bekerjasama selama berjalannya pilkada ini.

” Kita harus siap menghadapi gangguan nyata yg mungkin terjadi pada saat pilkada nanti. Kita harus hadapi bersama, ” Tegas Kapolda.

Hal senada disampaikan oleh Sekda Provinsi Bangka Belitung Yan Megawandi bahwa meskipun simulasi pilkada hari ini sdh berjalan dengan baik, nanti akan ada evaluasi terkait pelaksaan ini agar kedepan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Yan berharap seluruh masyarakat Bangka Belitung dapat memanfaatkan momentum pilkada ini agar pesta demokrasi terus berjalan aman.

Yan menegaskan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) Provinsi Bangka Belitung tidak ikut terlibat dalam pilkada ini.

” ASN jangan sekali-sekali ikut terlibat. Ini sudah ada aturan nya, apabila melanggar akan ada sanksi yang tegas nantinya, ” Ujar Yan Megawandi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker