PANGKALPINANG

Upaya PT Timah ‘Zero’ Kecelakaan

Gelar Apel Akbar Bulan K3 Nasional

Seputarbabel.com, Belinyu – Upaya PT Timah Tbk sebagai perusahaan tambang, agar tidak ada kecelakaan kerja. Sejak 1984 telah melalukan berbagai cara meningkatkan kesehatan dan keselamatan kerja (K3). Apel akbar bulan K3 pun selalu dilakukan karyawan PT Timah sejak itu. Tahun ini Selasa (6/2/2018) di kawasan dermaga Mantung Belinyu, Kabupaten Bangka Apel digelar.

Dalam sambutan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, yang dibaca Direktur SDM PT Timah M Rizki mengatakan. Momentum peringatan bulan K3 ini sangat tepat dan strategis untuk mendorong semua pihak berpartisipasi aktif membudayakan K3 di Indonesia. Semua pihak harus turun tangan bekerja sama agar budaya K3 benar-benar terwujud di setiap tempat kerja dan lingkungan masyarakat di seluruh tanah air.

Menaker Hanif mengatakan, Undang-Undang Nomor 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja mengatur dengan jelas pelaksanaan K3 di semua tempat kerja dimana terdapat tenaga kerja, hubungan kerja atau kegiatan usaha dan sumber bahaya baik di darat, di dalam tanah, di permukaan air, di dalam air maupun di udara yang berada di dalam wilayah Indonesia.

“Pemerintah saat ini masih memprioritaskan pembangunan infrastruktur sebagai antara lain jalan tol, fasilitas kereta api, jembatan dan fasilitas transportasi lain baik udara, darat maupun laut serta sarana-prasarana penunjang lainnya. Program pembangunan tersebut harus didukung oleh penerapan K3 agar pelaksanaannya jangan sampai menimbulkan kecelakaan dan penyakit akibat kerja,” kata Hanif.

Kecelakaan kerja dan penyakit, bukan hanya menimbulkan kerugian material maupun korban jiwa serta gangguan kesehatan bagi pekerja. Proses produksi juga akan terganggu secara menyeluruh, bahkan berdampak kepada masyarakat luas akibat rusaknya lingkungan. “Salah satu penyebab kecelakaan kerja tersebut adalah belum optimalnya pengawasan dan pelaksanaan K3 serta perilaku K3 di tempat kerja,” sambung Rizki.

Karena itu, perlu dilakukan upaya yang nyata untuk mencegah dan mengurangi terjadinya kecelakaan maupun penyakit akibat kerja secara maksimal. Kementerian Ketenagakerjaan sebagai leading sector atau pemegang kebijakan nasional tentang K3, sangat mengharapkan dukungan semua pihak untuk lebih mengoptimalkan pelaksanaan K3.

Sekretaris Perusahaan, Amin Haris Sugiarto, mengaku apel akbra gerakan nasional K3 yang dilakukan PT Timah. Merupakan bentuk ketaatan dan kepatuhan Perusahaan terhadap peraturan K3. “Tujuan K3 tidak hanya untuk memberikan perlindungan terhadap tenaga kerja dan orang lain yang berada di tempat kerja agar terjamin keselamatannya, tetapi juga untuk mengendalikan resiko terhadap peralatan, aset, dan sumber produksi sehingga dapat digunakan secara aman dan efisien,” papar Amin.

Dalam kesempatan tersebut, Rizki menyerahkan plakat K3 kepada Wakil Bupati Kabupaten Bangka Rustamsyah. Lalu usai apel, dilaksanakan beberapa perlombaan K3 seperti pemandaman api dengan alat pemadam ringan, safety talk dan simulasi tindakan bila terjadi kebakaran di kapal operasional.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker