Bangka Belitung

IIKT Peduli Kangker Serviks

Seputarbabel.com, Pangkalpinang – Ikatan Istri Karyawan Timah (IIKT) menggelar talkshow bertajuk “IIKT Peduli Kangker Serviks Dan Kesehatan Reproduksi”, Kamis (21/12) pagi di Gedung Sriwijaya Muntok. Diikuti 350 peserta, selain talkshow juga dilakukan pemeriksaan dengan cara Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA tes), sekaligus pemberian vaksin. Acara tersebut mendapat sambutan positif dari warga komplek PT Timah, Muntok, Bangka Barat.

Seperti dikatakan Sri Yuliawati peserta yang mengikuti pemeriksaan, dirinya merasa terbantu mengingat tidak perlu lagi melalukan IVA tes. Apalagi menurutnya penyakit ini, sangat berbahaya sehingga harus terditeksi sejak awal. “Terima kasih IIKT, kegiatan hari ini sangat penting bagi kami. Jadi kami tidak susah-susah memeriksa lagi. Biaya pemeriksaan ini kan sebetulnya mahal, ” ungkapnya usai pemberian vaksin.

Ketua Panitia Indina Yulia Wardani menuturkan di tahun 2017, jumlah kasus kangker serviks di Indonesia peringkat ke dua tertinggi di dunia. Sehingga menurutnya selain pegawai wanita, istri karyawan PT Timah di unit Metalurgi bisa hidup sehat. “Untuk itu, menyadari hal ini, kami melalui MCS mendukung kegiatan IIKT untuk peduli terhadap kesehatan reproduksi terutama terkait dengan kanker serviks,” sambung ketua IIKT Muntok ini.

Talkshow mengenai kangker serviks dan kesehatan reproduksi tadi, dijelaskan oleh dr Nazif Sp.OG dari RS Medika Sannia Sungailiat. Kegiatan tadi memang buka kali pertama dilakukan IIKT, kepada karyawati dan istri karyawan. Seminar, talkshow dan pemeriksaan terhadap penyakit yang menduduki peringkat pertama kematian ibu, sudah sering dilakukan IIKT. (riz)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker