https://seputarbabel.com/wp-content/uploads/2023/11/IMG-20231120-WA0032.jpg

MXGP Hadir Lagi di Indonesia, Semoga MotoGP Segera Menyusul

Seputarbabel.com – Sudah sekian tahun wacana MotoGP Indonesia bergulir, tapi belum ada tanda-tanda bakal terwujud. Justru Motocross Grand Prix (MXGP) yang mencuri perhatian lagi.

Bibit harapan menyaksikan balap motor MotoGP secara langsung di Indonesia setidaknya mulai tersemai pada pertengahan tahun 2016 lalu. Sempat ada asa (yang kemudian sirna) akan hadirnya MotoGP Indonesia di tahun 2017.

Hermann Tilke, desainer sirkuit top dunia yang juga bertanggung jawab untuk sirkuit Jakabaring (tempat MotoGP Indonesia kemungkinan dilangsungkan), baru-baru ini justru menyebut bahwa peluang realistis Indonesia menggelar MotoGP adalah pada 2019.

Di tengah masa penantian hadirnya balapan MotoGP Indonesia, MXGP sebagai kejuaraan dunia motocross malah sudah “mencuri start” hadir duluan di Tanah Air.

Ajang yang biasa dijuluki MotoGP-nya motocross tersebut sudah dipentaskan di Pangkal Pinang tahun 2017 ini. Tahun depan malah lebih ramai lagi karena ada dua seri MXGP di Indonesia: Pangkal Pinang dan Semarang.

Menurut rencana sejauh ini, Pangkal Pinang akan menyelenggarakan balapan tersebut pada 30 Juni-1 Juli 2018. Setelah itu seri MXGP di Semarang langsung dihelat pada 7-8 Juli 2018, membuat Indonesia punya dua seri balapan MXGP secara berurutan.

“Semoga dengan hadirnya dua seri MXGP Indonesia akan memberikan semangat tersendiri untuk pecinta otomotif Indonesia,” kata M. Irwansyah, wali kota Pangkal Pinang sekaligus penggagas MXGP di Indonesia, dalam perbincangan dengan detikSport.

Dengan balapan MXGP akan memasuki penyelenggaraan tahun kedua di Indonesia, Irwansyah juga menegaskan harapannya agar di masa depan angan-angan menggelar balapan MotoGP di Tanah Air tak semata jadi angan-angan belaka.

“Kalau Allah mengizinkan, kami percaya di tahun 2020 Indonesia akan jadi tuan rumah MotoGP karena kami selaku penggagas MXGP diberikan motivasi oleh Menpora agar bisa melaksanakan grand prix serupa di kelas MotoGP. Menpora support. Saya dan tim IMI pusat akan maksimal perjuangkan Indonesia jadi tuan rumah MotoGP. Kami punya semangat untuk wujudkan itu,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *