https://seputarbabel.com/wp-content/uploads/2023/11/IMG-20231120-WA0032.jpg

MELEJITNYA HARGA JAMUR TIRAM, MAHASISWA KKN UBB KENALKAN BUDIDAYA JAMUR DI DESA AIR DUREN

Bangka,Seputarbabel.com-Mahasiswa Universitas Bangka Belitung yang tergabung ke dalam kelompok KKN UBB XII Desa Air Duren Mengadakan penyuluhan budidaya jamur Tiram. Penyuluhan ini di laksanakan di balai Desa Air Duren (27/07/2017)
Penyuluhan budidaya jamur ini bertujuan untuk mengajarkan pada masyarakat mengenai budidaya jamur, dan memotivasi masyarakat untuk berbisnis dalam bidang Budidaya jamur, Budidaya jamur ini memiliki prospek usaha yang menjanjikan, bernilai ekonomi tinggi, target pemasaran luas dan cara pembudidayaan   tidak sulit, dapat dilakukan dalam skala rumah Tangga, sosialisasi ini juga mengajak masyarakat untuk tampil, juga memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Desa Air Duren.

Penyuluhan ini diikuti oleh perangkat desa air duren, berbagai organisasi masyarakat (ormas), dan para ibu rumah tangga masyarakat Desa Air Duren.

Para peserta yang terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN UBB Desa Air Duren.

Kegiatan sosialisasi budidaya jamur tiram ini juga tidak hanya mengajarkan teknik membudidayakanya, namun cara pemasaran nya juga yang dilihat dari beberapa strategi yaitu salah satunya membuat kerjasama dengan petani jamur lainnya.
“Kami berharap dapat memotivasi masyarakat untuk membuka usaha mandiri budidaya jamur skala rumah tangga. Menjadikan desa air duren sebagai desa penghasil jamur Tiram. Menjadikan masyarakat desa air duren sebagai masyarakat mandiri.”ujar Rizky (20), koordinator kegiatan penyuluhan.
“Harapannya agar simulasi ini tidak hanya sekedar pelatihan saja tapi juga pemicu, dan menjadi dasar keterampilan warga dalam membudidayakan jamur Tiram, memberikan informasi kepada warga tentang prospek usaha budidaya jamur Tiram.”ujar Zainudin selaku kepala desa di Desa Air Duren.
Dalam kegiatan sosialisasi ini diharapkan memberikan perubahan mindset masyarakat agar tidak bergantung pada satu jenis mata pencaharian, namun memberikan motivasi agar masyarakat berani membuka usaha sendiri. Melahirkan banyak wirausahawan (pengusaha) yang dapat mengangkat tingkat ekonomi masyarakat. Membentuk jiwa mandiri yang kreatif dan berdaya saing Tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *