https://seputarbabel.com/wp-content/uploads/2023/11/IMG-20231120-WA0032.jpg

Kuliner Nusantara Ini Jadi Buruan Masyarakat Saat Bulan Puasa

Seputarbabel.com – Banyaknya keduyaan dan keanekaragaman yang ada di Indonesia menjadi sebuah keunikan tersendiri bagi Bangsa ini. Dengan keberagaman tersebut maka tak heran jika banyak sekali variasi yang ada di Indonesia, salah satunya ada di bidang kuliner. Dimana kuliner di Indonesia sangat banyak bahkan di setiap daerahnya memiliki ciri khas tersendiri.

Namun ada beberapa jenis kuliner Nusantara yang selama bulan Ramadhan ini banyak diminati oleh masyarakat sebagai menu untuk berbuka puasa. Menunya terlihat sederhana, namun kenikmatan dapat dirasakan saat melepas dahaga di waktu buka. Berikut ini adalah 3 kulier Nusantara yang biasanya dicari masyarakat saat bulan puasa:

Kolak

Salah satu primadona masyarakat selama bulan Ramadhan adalah kolak, biasanya minuman yang satu ini disajikan sebagai takjil di atas meja saat menjelang buka puasa. Kolak dibuat dengan bahan pisang atau ubi jalar dan kemudian direbus dengan santan dan tambahna gula aren yang membuat rasanya khas. Kolak juga dapat disajikan dalam dua versi yaitu panas atau dengan menggunakan es jika suka dengan makanan yang dingin yang menyegarkan.

Cendol

Jenis minuman yang satu ini dikenal berasal dari daerah Jawa Barat, cendol biasanya terbuat dari tepung beras yang disajikan dengan santan dan gula merah sebagai pemanisnya. Saat berbuka puasa biasanya cendol juga ditambahkan dengan potongan es yang membuat rasanya sangat segar untuk mengawali buaka puasa. Berbeda dengan kolak, cendol lebih sering bahkan harus disajikan secara dingin atau dengan menambahkan es abtu.

Kurma

Kurma sebenarnya memang bukan khas dari Indonesia, namun selama Ramadhan buah yang satu ini biasa dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat. Manfaat kurma ini juga sangat banyak bagi tubuh selama bulan Ramadhan salah satunya adalah untuk mengembalikan energi yang terkuras setelah seharian menahan haus dan lapar.

Beberapa jenis makanan tersebut menjadi favorit banyak kalangan saat bulan Ramadhan, bahkan beberapa kuliner tersebut juga dengan mudah dapat dijumpai di bazar-bazar Ramadhan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *