https://seputarbabel.com/wp-content/uploads/2023/11/IMG-20231120-WA0032.jpg

Makanan Khas Berbuka Puasa Di Bangka

Seputarbabel.com – khas Berbuka puasa ala masyarakat bangka, Pedagang dadakan yang menjual berbagai macam makanan dan minuman untuk berbuka di kawasan Jalan Masjid Jami Pangkalpinang membuat kawasan tersebut macet Selasa (7/6/2016).

Anggota Polres Pangkalpinang terpaksa menerapkan jalan satu arah dikawasan tersebut untuk mengurangi kemacetan.

Di kawasan ini setiap tahun memang menjadi ajang warga mencari makanan berbuka puasa.

Di sini warga bisa mendapatkan makanan dari yang khas Bangka seperti pantiuaw, otak-otak, pempek, mie, lepat, burgo, lemang dan lainnya
Juga makanan berbagai daerah lain hingga makanan moder seperti blackforest, bolu dan lainnya.
 Kolak Labu Kuning

  1. Kolak Labu adalah kolak yang diolah dari labu kuning ditambah santan dan gula kabung ( aren ), rasanya sangat enak dan lemak saat disantap berbuka puasa.
  2. Pempek/Empek-empek
    Selain nikmat dan lezat, pempek ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, yaitu untuk pembentukan organ-organ penting seperti otak ,jantung, alat kelamin sistem saraf yang baik untuk ibu hamil, anak-anak maupun orang dewasa.
  3. Kue Jungkong
    Makanan Ini adalah salah satu varian pengembangan dari menu kolak. Yang bikin beda, isinya. Jejongkong berisi adonan tepung beras, tepung ketan, dan tepung kanji yang diberi warna dan perasa dari daun pandan. Nama jejongkong ini sendiri merupakan pengembangan dari bahasa lain dari daun pandan, yakni “jongkong”.
  4. Lakso/Bergo
    Lakso adalah salah satu sajian tradisional yang terbuat dari mi tepung beras yang disajikan dengan kuah santan yang gurih dengan campuran suwiran daging ikan tenggiri. Anda pasti sudah bisa membayangkan betapa nikmat dan sedapnya sajian asal Bangka-Belitung ini
  5. Kue Kelamai Ubi
    Kue kelamai ubi merupakan salah satu kue tradisional bangka, bahan utama dari kue ini adalah ubi. Kue kelamai yang merupakan makanan khas Bangka, kue yang Gurih dan kempuk ubi gorengnya, apalagi kelamainya, manis dan alami gulanya dari gula are.
  6. Mie Kuah Ikan

Mie kuah Ikan adalah salah satu makanan kuliner bangka yang menggunakan kuah ikan Tenggiri yang sebelumnya digiling menjadi butir-butir daging kecil, yang membuat rasa kuah mie koba ini sangat gurih dan harum.

  1. Martabak Manis Dan Martabak Telur

Martabak manis dan telur bangka merupakan kuliner khas bangka yang memiliki banyak penggemar, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menyukai makanan tersebut. (net)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *