5 macam hantu khas Pulau Bangka

5 macam hantu khas Pulau Bangka

Seputarbabel.com – Cerita Rakyat; Dunia horor memang identik dengan fenomena setan atau hantu. Uniknya hantu atau setan selalu-berbeda di setiap. Misalnya di Amerika atau dunia Barat ada jenis hantu, Drakula yaitu hantu dengan jubah hitanm bertaring panjang yang haus akan darah manuisa yang berkeliaran pada malam hari, di Cina ada Vampir serta di Indonesia ada kuntilanak serta Pocong.

Bagaimana hantu khas Pulau Bangka? Inilah 5 macam hantu khas Pulau Bangka yang diperoleh dari mitos-mitos penduduk setempat versi “zonabangka

5 Sosok Hantu Khas Pulau Bangka

Yang pertama adalah “Mencadin”. Mencadin menurut cerita sebagaian besar masyarakat Bangka dikenal dengan sosok hantu yang menyerupai pocong yang berbau busuk. Konon asal muasal hantu ini adalah sosok manusia yang dalam perjalanan hidupnya sering melakukan kemaksiatan, oleh sebab itu lah dalam konsep keagamaan sosok manusia seperti ini ketika mati tidak diterima “bumi” sehingga arwanya gentanyangan samapi 40 hari kematiannaya.

Yang Kedua “Mawang” adalah sosok hantu khas Bangka Berikutnya. Mawang adalah hantu yang tinggal di hutan-hutan belantara yang konon katanya memiliki kuku-kuku yang sangat panjang dan tanjam berbadan besar serta berambut panjang. Mawang juga dikenal hantu penggangu hewan-hewan peliharaan masyarakat. Biasanya hewan-hewan peliharaan masyarakat dimangsa dan dimakan pada bagian hatinya saja. cerita rakyat tentang sosok mawang ini memang masih mejadi mistri sampai sekarang.

Yang berikutnya adalah “Nek Gergasi”. Berdasarankan cerita lama Nek gergasi adalah sosok hantu yang berwujud nenek-nenek tua yang memiliki kuku serta taring yang panjang, dengan rambut panjang yang terurai sampai mata kakinya. Sosok Nek gergasi biasanya muncul ketika ada sebuah kelahiran bayi di suatu desa, hawa darah yang masih segar mengundang dahaga sie Nek gergasi. Nek gergasi di yakini sebagian masyarakat Bangka sebagai wanita yang menganut ilmu sesat sehingga memiliki kebiasaan yang amat menakutkan.

Yang keempat adalah hantu “Penebuk Ati”. Menurut legenda lama di Bangka Penebuk Ati adalah sesosok manusia jahat berhati hantu yang mengincar kepala anak-anak kecil. Penebuk ati lebih dikenal hantu jagal. Konon hantu ini adalah mitos yang dibuat-buat oleh masyarakat untuk menakut-nakuti anak-anak kecil agar tidak berkeliaran main dihutan.

Sosok hantu yang terakhir adalah Yang ke lima Gadis Hutan yang bernama “Sumiati”. Konon dulu di sebuah desa di Pualu Bangka dihebuhkan dengan cerita Gadis perawan yang mengalami depresi hebat sehingga membuat dia hilang kesadaran jiwa normalnya dan kemudian lari kehutan. Hantu ini konon akan membunuh laki-laki yang ditemuinya dihutan karena hantu ini dulu mengalami kisah yang suram bersama laki-laki.

Ini lah 5 macam hantu Khas Pulau Bangka, yeng diceritakan berdasarkan cerita dan mitos masyarakat setempat. (net)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan